PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN GAMES MONOPOLY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 23 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.51878/social.v4i3.3312Keywords:
Make A Match, Media Games Monopoly, Hasil BelajarAbstract
This study aims to assess the impact of implementing the Make A Match learning model based on Games Monopoly on student learning achievement in the Pancasila and Civic Education (PPKn) subjects at SMP Negeri 23 Mataram. This research uses a quantitative approach with a Nonequivalent Control Group Design which involves an equivalent control group. Class VIII was chosen as the population, where class VIII-A was used as the experimental group which applied the Make A Match learning model, while class VIII-B was the control group. The research sample was taken using the purposive random sampling method. Data was collected through a multiple choice test consisting of 17 questions which served to ensure validity, reliability, level of difficulty and distinguishing power. Data processing uses swimmer tests such as normality and homogeneity tests. The results of the swimmer's test were used in hypothesis testing using the Levene's t-test for equality of variances. The results show that the sig (2-taled) value is 0.002<0.05. This shows that the application of the Make A Match learning model based on Games Monopoly has a significant influence on the learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 23 Mataram.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak dari penerapan model pembelajaran Make A Match dengan basis Games Monopoly terhadap pencapaian belajar siswa di mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 23 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan kelompok kontrol yang setara. Kelas VIII dipilih sebagai populasi, di mana kelas VIII-A digunakan sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Make A Match, sedangkan kelas VIII-B menjadi kelompok kontrol. Sampel penelitian diambil dengan metode purposive random sampling. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang terdiri dari 17 butir soal yang telah diverifikasi untuk memastikan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Pengolahan data menggunakan uji prasyarat seperti uji normalitas dan homogenitas. Hasul uji prasyarat tersebut digunakan dalam uji hipotesis dengan menggunakan uji-t levene’s test for equality of variances. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai sig (2-taled) sebesar 0,002<0.05. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match berbasis games monopoly memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dalam mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 23 Mataram.
Downloads
References
Al Mukarromah, N., Ristiono, Zulyusri, & Hartanto, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Lintas Minat Tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia Kelas XI IPS. Bioeducation Journal, 3(1), 93.
Andita, R., Djuwita, P., & Hasnawati, H. (2018). Studi Deskriptif Permasalahan Pembelajaran PKn dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V SD 12 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 11(1), 26–34. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.26-34
Angraeni Rezki, Pattaufi, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sinjai Selatan. http://eprints.unm.ac.id/24075/
Hamzah B.Uno. (2007). Model Pembelajaran.
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Eureka Media Aksara, 1–23.
Julmulyani. (2021). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(2), 106–116. https://juridiksiam.unram.ac.id/index.php/juridiksiam%0A
Marisa, L., Sumadi, S., & Haryono, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Geografi, 4(2), 250244.
Munawwarah, R. (2017). Penerapan model pembelajaran make a match dan media monopoly games smart (mgs) pada materi sistem ekskresi manusia di man meulaboh-1 aceh barat.
Prayogo, B. A. (2017). Pengembangan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sdn Langensari 02 Kecamatan Ungaran Barat. ??????? ???????????????, 4, 9–15.
Rahmawati, F. (2023). Pengaruh Model Cooperative Learning Type Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/69016
Ramadhani, I., & Syawaluddin, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas IV SD Negeri No. 18 Eremerasa Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. 2(1), 1–10.
Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2019). Implementasi Pendekatan Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Ipa Dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912
Sumarni, S. (2021). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penyesuaian Diri Dengan Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1281
Yeti, H., & Mulya, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 7-8 Tahun di SD Negeri 1 Way Dadisukarame Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(2), 1–190.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.