KONSELING KREATIF DAN INOVASI DALAM PENELITIAN TINDAKAN BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING

Authors

  • SUKO BUDIONO

DOI:

https://doi.org/10.51878/action.v1i1.360

Keywords:

PTBK, Bimbingan Konserling, Guru

Abstract

Bagi guru pengakuan dan penghargaan di atas harus dijawab dengan meningkatkan profesionalisme dalam bekerja. Guru dan dosen mesti berefleksi mengenai hakekat berkarya di dunia pendidikan dengan tujuan mencerdaskan kehidupan masyarakat. Mengajar, menulis dan meneliti merupakan aktivitas utama ketika seseorang berkecimpung dalam tugas pendidikan dan pengajaran. Untuk mewujudkan hal tersebut guru BK/konselor harus dibekali dengan  kemampuan meneliti, khususnya untuk guru BK/konselor adalah penelitian tindakan bidang bimbingan konseling (yang selanjutnya disebut PTBK). PTBK adalah penelitian mengenai suatu tindakan yang dilakukan pada sebuah kelas/tempat khusus dengan tujuan memperbaiki mutu layanan. Guru BK/konselor menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan, dan perubahan pelayanan yang lebih baik agar tujuan pelayanan dapat dicapai secara optimal. Penelitian ini dirancang khusus oleh guru BK/konselor untuk peningkatan kualitas layanan yang dilaksanakan di sekolah. Penelitian tindakan dalam BK lebih menjanjikan dampak langsung dalam bentuk (1) perbaikan dan peningkatan profesionalisme guru BK/konselor dalam memberikan layanan konseling; (2) implementasi berbagai program di sekolah dengan mengkaji berbagai indikator keberhasilan proses dan hasil layanan yang terjadi pada konseli dan keberhasilan proses dan implementasi berbagai program sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas Dirjen PMPTK. (2006). Karya Tulis Ilmiah dalam Pengembangan Profesi Guru: Macam, Kriteria, Prosedur Pengiriman dan Penilaian. Makalah dalam TOT PTK dan Penulisan Laporan sebagai Karya Tulis Ilmiah dalam Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Agustus 2006.

Depdiknas. (2004). Sains Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Dimyati. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka CiptaHopkins, 1993.

Ibnu. (2000). Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Kemmis & McTaggart. (1988). The Action Research Planner.

Prayino. (2007). Penelitian Tindakan Bidang Bimbingan Konseling. Padang: Jurusan BK, FIP UNP

Prayitno, dkk. (1997). Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Di. Sekolah Buku III Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Direktorat.

Supardi. (2005). Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian PenelitianTindakan Kelas, Makalah disampaikan pada “Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2021-07-26

How to Cite

BUDIONO, S. . (2021). KONSELING KREATIF DAN INOVASI DALAM PENELITIAN TINDAKAN BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING . ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 62-68. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.360

Issue

Section

Articles