PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.51878/teacher.v1i1.532Keywords:
multimedia pembelajaran interaktif, matematika, prestasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif matematika yang berkualitas dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika dan mendeskripsikan seberapa baik kualitas perangkat pembelajaran matematika yang dihasilkan. Kriteria kualitas yang digunakan mengacu pada kriteria Nieveen, yaitu valid, praktis dan efektif. Materi yang dikembangkan adalah materi Geometri Ruang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development research). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh multimedia pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif adalah analisis kebutuhan dan perumusan tujuan, desain/pengembangan produk, uji coba, revisi dan kajian produk akhir. Uji coba yang dilakukan meliputi ujicoba ahli/validasi ahli (expert judgement), uji coba kelompok kecil (small group try-out) dan uji coba lapangan (field try-out). Uji coba lapangan (field try-out) dilakukan pada dua kelas XII IPS 3 & 4 di SMA Negeri 9 Kota Jambi tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, angket motivasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan multimedia pembelajaran matematika yang berkualitas dan layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Alt, Mary. Genesisi D. Arizmendi. Carole R. Beal. 2014. The Relation between Mathematics Languange: “Academic Implications Children with Specific Languange Impairment and English Languane Learners.” Languange, Speech, And Hearing Service in School, Vol. 45: 220-233.
Andinny, Y., & Lestari, I. (2016). Pengaruh pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 169-179.
Darhim, 2012. Guru Matematika: Ilmuwan, Siswa, Profesional. Harian Seputar Indonesia halaman 11. Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Guru Besar UPI Bandung, di Bandung, tanggal 26 April 2012.
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).
Hudojo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2002). Meaningful assessment: A manageable and cooperative process. Pearson College Division.
Kuswana, WS. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purnama, A., Wijaya, T. T., Dewi, S. N., & Zulfah, Z. (2020). Analisis buku siswa matematika sma dari indonesia dan china pada materi peluang dan statistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 813-822.
Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Invotec, 9(2).
Surya, E. (2013). Analisis Pemetaan dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMA di Kabupaten Tapteng dan Kota Sibolga Sumatera Utara. Jurnal Paradikma, 6(1), 75-88.
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59-74.
Syarifah, L. L. (2017). Analisis kemampuan pemahaman matematis pada mata kuliah pembelajaran matematika SMA II. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Tiurma, L., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan pembelajaran multimedia materi dimensi tiga ditinjau dari prestasi dan minat belajar matematika di SMA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).
Wahyuni, D. (2019). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.