PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA SMAN NEGERI 1 JATISARI KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.51878/secondary.v4i1.2772Abstract
This research aims to determine the impact of using the play learning method on learning Sociology, PKWU and Economics subjects in class X. Teachers in these subjects previously used the lecture method in class. The research uses the School Action Research method. The data analyzed is data from the assessment results using the lecture method, data from the assessment results from the playing method in cycle 1 and cycle 2. Data analysis uses the Wilcoxon method analysis for data that is not normally distributed and the average test method of 2 paired samples for data that has normality . Based on the results of the analysis, it is known that the use of the play method in class X for Sociology, PKWU and Economics subjects is effective in increasing student achievement compared to the use of the lecture method in the student learning process in class This was carried out in 2 research cycles by the three teachers in these subjects.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap pembelajaran mata pelajaran Sosiologi, PKWU dan Ekonomi di kelas X. Guru pada mata pelajaran tersebut sebelumnya menggunakan metode ceramah di kelas. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah. Data yang dianalisis adalah data hasil penilaian dengan metode ceramah, data hasil penilaian dengan metode bermain pada siklus 1 dan siklus 2. Analisis data menggunakan analisis metode Wilcoxon untuk data yang berdistribusi tidak normal dan metode tes rata-rata. 2 sampel berpasangan untuk data yang mempunyai normalitas. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa penggunaan metode bermain pada kelas X mata pelajaran Sosiologi, PKWU dan Ekonomi efektif meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah dalam proses belajar siswa di kelas ini. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus oleh ketiga guru mata pelajaran tersebut.
Downloads
References
Ade Haerullah dan Said Hasan. (2020). Model dan pendekatan pembelajaran inovatif (Teori dan aplikasi). Lintas Nalar. Yogyakarta
Purwiro Harjati. (2023). Pengaruh penerapan permainan pada pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, Vol. 11, No. 1, pp. 67-78. http://dx.doi/10.24127/jpf.v11i1.7460
Reza Syahmi Bahtiar, Diah Yovita Suryarini. (2019). Metode bermain dalam peningkatan keterampilan bercerita pengalaman jual beli pada siswa sekolah dasar. Jurnal ilmiah sekolah dasar, Vol. 3, Number 1, pn. 71-78
Shilphy A. Octavia. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish, Sleman
Siti Nurhasanah, Agus Jayadi, Rika Sa’diyah dan Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. Edu Pustaka, Jakarta
Syafrida Syahrir. 2022. Metododlogi Penelitian. KBM Indonesia, Yogyakarta
Syarif Hidayatullah, Henry Praherdiono dan AGus Wedi. (2020). Pengaruh game pembelajaran terhadap peningkatan hasil pembelajaran pemahaman ilmu pengetahuan alam. Jurnal JKTP Vol. 3, No. 2, hal: 199-206
Sobry Sutikno. (2019). Metode dan model pembelajaran, menjadikan proses pembelajaran leboih variatif, aktif, ionovatif, efektif, menyenangkan. Holistica, Lombok
Tian Oktaviani, Endah Rita Sulstya Dewi, Kiswoyo. (2019). Penerapan pembelajaran aktif dengan menggunakan permainan Bingo untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24, No. 1
Z.I. Paudi. 2019. Penerapan metode bermain pada pembelajaran Fisika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pedidikan sains Indonesia, vol. 7, Nomor 2, halaman 111-120
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.