PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE-PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 GUNUNGSITOLI

Authors

  • HISKIA NDRAHA Universitas Nias
  • HARDIKUPATU GULO Universitas Nias
  • AGNES RENOSTINI HAREFA Universitas Nias
  • TOROZIDUHU WARUWU Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3208

Keywords:

Model Pembelajaran, Role-Playing, Hasil Belajar Biologi.

Abstract

Education is an activity that can help develop the potential and abilities of each individual so that they can be useful for their lives. Education is also the main pillar in the development of a cultured society and the ability of knowledge, attitudes and skills possessed by each individual. This study aims to determine whether or not there is an influence of the Role-Playing learning model on student learning outcomes in Biology class XI MIPA at SMA Negeri 1 Gunungsitoli. This study uses the Experimental method with Pre-Experimental Design which is one type of quantitative research where in this study to test a group or various groups with the application of cause and effect factors. The population in this study were students of class XI MIPA SMA Negeri 1 Gunungsitoli with a total of 235 people. The sampling technique in this study used a sampling technique, with a non-random sampling type, the sample in this study was class XI-MIPA 7 totaling 36 people. The data collection instrument was a test consisting of a pretest and posttest. The data analysis technique used the N-Gain test, hypothesis testing. The results of the study obtained an average pretest value of 58.1944 and a posttest of 81.9722. In the hypothesis test analysis, the t-count> t-table was 18.244> 2.032 with a significance level of 0.05, so Ha was accepted and Ho was rejected. This indicates that there is a significant influence of the Role-Playing learning model on the Learning Outcomes of Class XI-MIPA 7 Students of SMA Negeri 1 Gunungsitoli.

ABSTRAK
Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang dapat membantu perkembangan potensi dan kemampuan setiap individu supaya dapat berguna bagi kehidupannya. Pendidikan juga merupakan pilar utama dalam pengembangan masyarakat yang berbudaya dan kemampuan pengetahuan sikap dan keterampilan yang di miliki oleh setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Role-Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata Biologi kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Gunungsitoli. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan Desain Pra-Eksperimen yang merupakan salah satu jenis penelitian kuantitaf dimana pada penelitian ini untuk menguji sebuah kelompok atau berbagai kelompok yang dengan penerapan faktor sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gunungsitoli dengan jumlah 235 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling, dengan jenis non random sampling, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI-MIPA 7 berjumlah 36 orang. Instrument pengumpulan data yaitu tes terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain, uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 58,1944 dan posttest sebesar 81,9722. Pada analisis uji hipotesis diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu 18,244 > 2,032 dengan taraf signifikan 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Hal ini menujukan bahwa Ada Pengaruh yang signifikan model pembelajaran Role -Playing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI-MIPA 7 SMA Negeri 1 Gunungsitoli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astiti, N. K. A., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409-415.

Aisyah, R., & Muliati, I. (2023). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa. An-Nuha, 3(3), 343-351.

Anwar, S. A. I. F. U. L., Soffiatun, S. O. F. F. I., & Marlia, S. H. I. N. T. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif role-playing terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi kelas x program keahlian akuntansi di SMK Letris Indonesia 2 tahun ajaran 2016/2017. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, 1, 17-25.

Dani, E. Y. M., Rahmawati, N. D., & Aini, A. N. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Berbantu Prezi di SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 60-69.

Fazilah, N., & Hanim, N. (2022, June). Penggunaan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di Sman 1 Kuta Cot Glie Aceh Besar. In Prosiding Seminar Nasional Biotik (Vol. 9, No. 1, pp. 159-162).

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325.

Ndraha, H., &Harefa, A. R. (2023).Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Journal on Education, 6(1), 5328-5339.

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

NDRAHA, H., GULO, H. ., HAREFA, A. R. ., & WARUWU, T. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE-PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 GUNUNGSITOLI. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 690-699. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3208

Issue

Section

Articles