PENGARUH MODEL PBL BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.51878/edutech.v4i3.3308Keywords:
Hasil Belajar, Multimedia, Pembelajaran Berbasis MasalahAbstract
This research aims to examine how the problem-based learning model (PBL) with the help of multimedia has an impact on students' cognitive learning outcomes about data presentation materials in grade IV of elementary school. This study uses a quantitative method and uses a Pretest-Posttest One Group experimental design. Students who attend grade IV at SD Negeri 1 Mlatiharjo Semarang in the 2023–2024 school year are the subjects of this study. Data was collected through tests before and after the implementation of PBL using multimedia, and analyzed with the N-gain test to determine the improvement of students' cognitive learning outcomes. The results of the study show that the implementation of the PBL model with multimedia has a significant positive impact on students' cognitive learning outcomes. The N-gain value is 63.26%, which is included in the category of quite effective. Thus, an alternative hypothesis is accepted, stating that learning using the multimedia-assisted PBL model is more effective than conventional learning. These findings indicate that the integration of multimedia in the PBL model can increase student activity in learning, make learning more interesting and interactive, and improve students' cognitive learning outcomes in data presentation.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan bantuan multimedia berdampak pada hasil belajar kognitif siswa tentang materi penyajian data di kelas IV SD. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest One Group. Siswa yang mengikuti kelas IV di SD Negeri 1 Mlatiharjo Semarang pada tahun ajaran 2023–2024 adalah subjek penelitian ini. Data dikumpulkan melalui tes sebelum dan sesudah implementasi PBL menggunakan multimedia, dan dianalisis dengan uji N-gain guna mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL dengan multimedia memberikan dampak positif yang signifikan pada hasil belajar kognitif siswa. Nilai N-gain adalah 63,26%, yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan multimedia lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi multimedia dalam model PBL dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan interaktif, serta meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam penyajian data.
Downloads
References
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Aini, N., & Kusumaningrum, D. (2024). Penerapan Model PBL Berbasis Media Serbaneka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas di SD Negeri Ketawang. PRYMARY Education Jurnal, 4(1), 64–70.
Amrina, H., & Kusmaharti, D. (2024). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Pecahan Senilai Siswa Kelas IV SDN Sedatigede 2. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 1–11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.664
Bach, B., Keck, M., Rajabiyazdi, F., Losev, T., Meirelles, I., Dykes, J., Laramee, R. S., Alkadi, M., Stoiber, C., Huron, S., Perin, C., Morais, L., Aigner, W., Kosminsky, D., Boucher, M., Knudsen, S., Manataki, A., Aerts, J., Hinrichs, U., … Carpendale, S. (2024). Challenges and Opportunities in Data Visualization Education: A Call to Action. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, 30(1), 649–660. https://doi.org/10.1109/TVCG.2023.3327378
Baden, M.S. (2007). A practical guide to problem-based learning online. New York: Maggi Savin-Baden.
Chevalier, F., Henry Riche, N., Alper, B., Plaisant, C., Boy, J., & Elmqvist, N. (2018). Observations and Reflections on Visualization Literacy in Elementary School. IEEE Computer Graphics and Applications, 38(3), 21–29. https://doi.org/10.1109/MCG.2018.032421650
Fajar Arinto. (2023). Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui PBL Berbantuan Multimedia Materi Keberagaman Di Kelas XII F1B SMA Xaverius 1 Jambi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Agama, 4(2), 566–579. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v4i2.1318
Hadiztia, H., & Herlina, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Murder Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(1), 27–33. https://doi.org/10.26714/jkpm.10.1.2023.27-33
Hadriwani, S., Jamaluddin, J., Karnan, K., & Yamin, M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Animaker Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2026–2032. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.848
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Ilfa, M. K., Ardianti, S. D., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Discovery Learning Berbantu Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), 141–152. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.2979
Maesaroh, S., Prasetyowati, D., Nikmah, U., & Lestari, L. P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Fotosintesis melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Panpel Kelas IV SD Supriyadi. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang, 1(2), 2508–2517
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Mina, N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Interaksi Sosial Kelas VII SMP Negeri 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2312–2336.
Muqimaussunnah, L., Fajriyah, K., Hartati, & Januar, H. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran PBL Berbantuan Peraga Edukatif Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Kelas I SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03), 341–350
Nasir, M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Novelni, D., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3869–3888.
Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem Based Learning dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138–148. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195
Ritonga, S. I., Anggraeni, R., Pasaribu, E. Z., Ritonga, W. A., Rangkuti, R. K., & Suprihatiningsih, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Rantau Utara. RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education, 5(2), 53–60.
Santi, M. D., Nursyahidah, F., Nugroho, A. A., & Estiyani, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Canva pada Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 03. Journal on Education, 5(4), 12272–12280. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2199
Santoso, S. (2021). Panduan Lengkap SPSS 26. Jakarta: Kompas Gramedia.
Saputra, I. M. A. S., Agustiana, I. G. A. T., & Dharmayanti, P. A. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 41–47. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60203
Sari, R. N., Nazmi, R., & Zulfa, Z. (2021). Pengaruh Game Word Wall Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X MIPA SMA 2 Lubuk Basung. Puteri Hijau?: Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(2), 76–83. https://doi.org/10.24114/ph.v6i2.28828
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukiyanto, S., Kusumaningrum, B., Anggreini, D., & Agustito, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Edukasi Kahoot Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(1), 21–26. https://doi.org/10.26714/jkpm.10.1.2023.21-26
Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar, 4(1), 13–22.
Wanabuliandar, S., Bintoro, H. S., & Sumaji. (2022). Statistika Penelitian Pendidikan. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.