PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI KAHOOT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1288Keywords:
Evaluasi, Kahoot, Hasil BelajarAbstract
The implementation of learning evaluation with conventional media on a piece of paper makes students bored quickly, less enthusiastic, and unmotivated. This has an impact also on the low learning outcomes of students. Therefore, researchers conducted research on the effect of using one of the alternative evaluation media, namely the Kahoot educational game on student learning outcomes. This study aims to describe the use of learning evaluation media based on the Kahoot educational game in improving student learning outcomes in Catholic Religious Education subjects at SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. This study uses a quantitative research design with experimental research methods. The results showed that the average value of student learning outcomes in the experimental class (X MIPA 2) was greater than the average value of learning outcomes for the control class (X MIPA 1), where the average value of learning outcomes in the experimental class was 85, 8 while the average value of the control class learning outcomes is 74.1. This shows that the use of learning evaluation media based on the Kahoot educational game can improve student learning outcomes in Catholic Religious Education subjects at SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung.
ABSTRAK
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan media konvensional pada selembar kertas membuat peserta didik cepat bosan, kurang antusias, dan tidak termotivasi. Hal ini berdampak juga pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Karena itu, peneliti melaksanakan penelitian mengenai pengaruh penggunaan salah satu alternatif media evaluasi yakni game edukasi Kahoot pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi Kahoot dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen (X MIPA 2) lebih besar dari pada nilai rata- rata hasil belajar siswa kelas kontrol (X MIPA 1), di mana nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 85,8 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 74,1. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media evaluasi pembelajaran berbasis game edukasi Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik di SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung.
Downloads
References
Arikunto S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. S. B & Zain. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Heryatno Wono Wulung, F. X. (2008). Pokok-pokok Pendidikan Agama Katolik di
Sekolah. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Kocakoyun S & Bicen H. (2017). Determination of University Student’most Preffered Mobile Application for Gamification. World Journal on Educational Technology, 9, 18-23. https://doi.org/10.18844/wjet.v9i1.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Rofiyarti A. F & Sari A. Y. (2017). Tik untuk Aud: Penggunaan Platform Kahoot dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif, Jiwa Kolaboratif, dan Anak. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (3b), 164-172.
Sanjaya W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana Nana. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Syah.Muhibbin. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Waldi A & Irwan I. (2018). Students’ Character Training through Game Online Extracurricular E-Sports in SMA 1 PSKD High School Jakarta. Journal or Moral and Civic Education, 2 (2), 92-101. https://doi.org/10.24036/8851412222018119
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.