PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANIMASI WAYANG PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS 10 SMK

Authors

  • HAERUDI YANSHAH Pascasarjana PMIPA, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1287

Keywords:

Media Pembelajaran, Animasi Wayang, ADDIE, Trigonometri

Abstract

The purpose of this study was to determine the feasibility of puppet animation learning media on trigonometry material for class X SMK. The method used in this research is the research and development method. The population in this study were teachers and students of class X SMKN 64 and SMKN 67 Jakarta. The procedure for research and development of learning media arranged in this study refers to the type of ADDIE model development (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The hypothesis of this study, there is an average of each expert, namely from media experts I with a value of 4.83, media experts II with a value of 4.54, linguists with a value of 4.92. From the overall average value obtained from validators of media experts in the form of a percentage that is equal to 95.28%, then from material experts I with a value of 3.82, material experts II with a value of 4.73, material experts III with a value of 4.53 . From the overall average value obtained from the validator of media experts in the form of a percentage of 87.33%. If the media and materials experts are combined, the average score is 91.31%. Shows that this puppet animation-based mathematics learning media has a quality that can be said to be very good, especially from the aspect of the media. Based on the evaluation of this research and development activity, the researcher found several signs of the importance of media being used in the learning process, in order to visualize the material so that it is easier for students to use and understand.

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran animasi wayang pada materi trigonometri kelas X SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and developement). Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X SMKN 64 dan SMKN 67 Jakarta. Prosedur penelitian dan pengembangan media pembelajaran yang disusun dalam penelitian ini mengacu pada jenis pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hipotesis dari penelitian ini, terdapat rata-rata dari setiap ahli, yaitu dari ahli media I dengan nilai 4,83, ahli media II dengan nilai 4,54, ahli bahasa dengan nilai 4,92. Dari nilai rata-rata keseluruhan yang didapat dari validator para ahli media berupa presentase yaitu sebesar 95,28%, lalu dari ahli materi I dengan nilai 3,82, ahli materi II dengan nilai 4,73, ahli materi III dengan nilai 4,53. Dari nilai rata-rata keseluruhan yang didapat dari validator para ahli media berupa presentase yaitu sebesar 87,33%. Jika digabungkan rata-rata ahli media dan materi maka nilai rata-ratanya adalah 91,31%. Memperlihatkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis animasi wayang ini memiliki kualitas yang dapat dikatakan sangat baik, terutama dilihat dari aspek medianya. Berdasarkan evaluasi dari kegiatan penelitian dan pengembangan ini, peneliti mendapati beberapa tanda pentingnya media digunakan dalam proses pembelajaran, dalam rangka visualisasi materi sehingga lebih mudah digunakan dan dimengerti oleh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwijaya, Mohamad. 2015. Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika berbasis Android Menggunakan Construct2. Jurnal Transient. Vol. 4 No. 1. 129.

Amir, Hazim. 1991. Nilai-Nilai Etis dalam Wayang, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Fahmi, Syariful. 2014. Pengembangan Multimedia Macromedia Flash Dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya Terhadap Sikap Siswa Pada Matematika. Jurnal AgriSains, Vol. 5 No. 2. 167.

Istiqlal, Muhammad. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika SMA untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi belajar Matematika Logika Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.8 No.1. 45.

Ratumanan. 2002. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar mengejar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi aksara.

Rivai, Ahmad dan Nana Sudjana, 2001. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algosindo.

Sudjana, Nana. 2009. Media Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supardi, 2013. Hasil Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Interaksi tes Formatif Uraian dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Formatif, 3(2): 78-96.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

YANSHAH, H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANIMASI WAYANG PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS 10 SMK. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 214-225. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1287

Issue

Section

Articles