PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN RASA INGIN TAHU BELAJAR SISWA MATERI PENGUKURAN SUDUT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IVB SD KANISIUS SENGKAN

Authors

  • JOVITA BUNGA KURNIA PUTRI SUTARYO Universitas Sanata Dharma
  • RISHE PURNAMA DEWI Universitas Sanata Dharma
  • A. DWI NATALIA Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.51878/teacher.v3i3.2495

Keywords:

model pembelajaran TGT, keaktifan belajar siswa, rasa ingin tahu siswa

Abstract

This research is motivated by low student activity. The focus of this research is the TGT cooperative learning model(Teams Games Tournament) to increase the active learning and curiosity of students. This study aims to provide an overview of the application of the TGT type of cooperative learning model in increasing students' active learning and curiosity in mathematics in grade IV SD. The research subjects were 21 students of class IVB SD Kanisius Sengkan. The type of research used in this research is Classroom Action Research which adopts the Kemmis and Taggart models which are carried out in II cycles, namely cycle I and cycle II. Data collection techniques used in this study were observation sheets and questionnaires. Based on the analysis of observations and questionnaires from each cycle showed positive progress towards students. In this study, students' active learning and curiosity experienced a significant increase. The activeness of students in the pre-cycle was 61.67%, the first cycle was 75.54% and the second cycle was 87.98%, while the average acquisition of students' curiosity in the pre-cycle was 59.47%, the first cycle was 74.46%, and cycle II 83.37%. The results of the study can be concluded that the application of the Teams Games Tournament (TGT) learning model can increase the learning activity of class IVB students at Kanisius Sengkan Elementary School.

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa. Fokus pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan keaktifan belajar dan rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam meningkatkan keaktifan belajar dan rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD. Subyek penelitian adalah siswa kelas IVB SD Kanisius Sengkan yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengadopsi model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam II siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan kuesioner. Berdasarkan analisis observasi dan kuesioner dari setiap siklus menunjukkan perkembangan positif terhadap siswa. Pada penelitian ini, keaktifan belajar dan rasa ingin tahu siswa mengalami peningkatan yang berarti. Keaktifan siswa pada pra siklus 61,67%, siklus I 75,54% dan siklus II menjadi 87,98%, sedangkan perolehan rata-rata kategori rasa ingin tahu siswa pada pra siklus 59,47%, siklus I 74,46%, dan siklus II 83,37%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IVB SD Kanisius Sengkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anatri Destya, Haryono, Sulistyo Saputro.2012.Pembelajaran Kimia Dengan Metode Team Game Tournament (TGT) Menggunanakan Media Animasi dan Kartu Ditinjau dari Memori dan Gaya Belajar Siswa.Surakarta : JURNAL INKUIRI ISSN : 2252-7893, Vol 1, No 3, 2012 (Hal 177-182). Tersedia pada http://eprints.uns.ac.id/1584/1/145-262-1-SM.pdf.

Daryanto, dan Suryati darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Gava media.

Fadillah, Muhammad dan khorida, Lilif Mualifatu. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas (Classroom Management). Bandung: Alfabeta.

Kemmis, dkk. 2013. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer Science & Business Media.

Kurniawan, Samsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, Dan Masyarakat. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Masidjo. (1995). Penelitian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.

Miles, M.B. dan A.M. Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

S. Aries, E. F. (2009). Indikator Keaktifan Siswa yang dapat dijadikan penilaian dalam PTK.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PR remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-10-12

How to Cite

SUTARYO, J. B. K. P., DEWI, R. P. ., & NATALIA, A. D. . (2023). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN RASA INGIN TAHU BELAJAR SISWA MATERI PENGUKURAN SUDUT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IVB SD KANISIUS SENGKAN. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 3(3), 141-149. https://doi.org/10.51878/teacher.v3i3.2495

Issue

Section

Articles