PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CAMSTASIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG

Authors

  • SAMPINI SAMPINI SMAN 1 Dawarblandong, Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.804

Keywords:

aplikasi camtasia, hasil belajar, materi bangun ruang

Abstract

The success of teaching Mathematics is determined by the amount of student participation in learning, the more active students take part in learning activities, the more successful the learning activities will be. However, the reality on the ground shows that students, especially students in the Social-Science class, are less interested in mathematics, and even consider mathematics as a difficult and boring subject, resulting in the achievement of the number of students who have completed learning, especially at SMA Negeri 1 Dawarblandong, Mojokerto Regency, class XII IPS-1. still low. Camtasia is a software that can be used to create multimedia-based learning media and e-learning. The advantage of This software is can produce interesting videos and how to use it very easily. The purpose of this study was to determine the increase in student learning outcomes after learning using the Camtasia application on geometry theory. This study used the subjects of class XII IPS 1 SMA Negeri 1 Dawarblandong, Kab. Mojokerto Academic Year 2021/2022 and the objective of this study is student learning outcomes. The data collection method used the test. The data analysis technique used is a qualitative descriptive analysis technique. The results showed that the video tutorial media with Camtasia could improve student learning outcomes from 54.54% in the first cycle and 90.90% in the second cycle. The conclusion of this study is the application of video tutorial media with Camtasia can improve student learning outcomes in geometry theory for class XII IPS 1 SMA Negeri 1 Dawarblandong, Kab. Mojokerto Academic Year 2021/2022.

ABSTRAK
Keberhasilan pengajaran Matematika itu ditentukan oleh besarnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, makin aktif siswa mengambil bagian dalam kegiatan pembelajaran, maka makin berhasil kegiatan pembelajaran tersebut. Namun kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa siswa khususnya siswa kelas Ilmu-sosial kurang minat dalam mata pelajaran matematika, bahkan dianggap bahwa matematika sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan sehingga barakibat pencapaian jumlah siswa yang tuntas belajar khususnya di SMA Negeri 1 Dawarblandong Kabupaten Mojokerto kelas XII IPS-1 masih rendah. Camtasia adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia dan e-learning. Kelebihan dari software ini adalah dapat menghasilkan video yang menarik serta cara penggunaannya yang sangat mudah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan aplikasi camtasia pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan subyek siswa kelas XII IPS 1SMA Negeri 1 Dawarblandong, Kab. Mojokerto Tahun Pelajaran 2021/2022 dan obyek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Teknik analisis data yang dipakai adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video tutorial dengan Camtasia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari 54,54 % pada siklus I dan 90,90 % pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media video tutorial dengan Camtasia dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun ruang pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Dawarblandong, Kab. Mojokerto Tahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aripin. (2009). Step by Step Membuat Video Tutorial Menggunakan Camtasia Studio. Jakarta: OaseMedia.

Asrori, Imam dan Ahsanuddin, Moh. 2015. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV Bintang Sejahtera.

Hauff, Mechthild & Laaser, Wolfram .1996. Educational Video and TV inDistance Education – Production andDesign Aspects. (Journal of Universal Computer Science, vol. 2, no. 6 (1996), 456-473).

Kurniawan, D. T. (2017). Penggunaan Model PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA JurnalPendidikan Matematika , 2 (2), 207-220.

Nuari, F., & Ardi, H. (2014). Using Camtasia Studio 8 to Produce Learning Video to Teach English Through E-Learning. JELT , 3 (1 Serie D), 259-267.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Wacana Prima.

Sudjana, N & Rivai, A. 1992. Media Pembelajaran. Bandung: Penerbit CV.Sinar Baru Bandung.

TechSmit. (2013). Camtasia Studio 8.2 Help File. Michigan: TechSmith Cooperation

Downloads

Published

2021-09-07

How to Cite

SAMPINI , S. . (2021). PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CAMSTASIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 141-148. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.804

Issue

Section

Articles