PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM LAPANGAN BERBASIS VIRTUAL LIFE PADA MATERI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) UNTUK SISWA KELAS X SMA

Authors

  • SUKRAN MADANI Pendidikan Biologi, Universitas Mataram
  • TRI AYU LESTARI Pendidikan Biologi, Universitas Mataram
  • BAIQ SRI HANDAYANI Pendidikan Biologi, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51878/edutech.v4i2.3060

Keywords:

pengembangan modul praktikum lapangan, virtual life, Tumbuhan Paku, siswa kelas X SMA

Abstract

Practicum is a learning activity in the form of observation of experiments in the laboratory and in the field. Currently, many field practicums using Virtual Life  are developed as a technology that can display a virtual environment to users so that users can feel the environment and feel as if they are in the environment. This study aims to determine the development of a virtual life-based field practicum module on fern material (Pteridophyta) that is valid for high school grade X students and to find out the development of a virtual life-based field practicum module on fern material that is practical for high school grade X students. This research uses the research and development method. Research and Development is a research method used to develop and validate products used in education and learning (Sugiyono, 2013). The design of this study uses ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evalutation). The development of learning media in the results of this study is focused on three stages as follows: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development. The results of this study show that the development of a virtual life-based field practicum module  on Fern Plant (Pteridophyta) material for high school grade X students is declared valid and practical to be used in Biology learning at school. The average result of module validation by media experts was 82.7% and material experts was 85.0% with the conclusion that it was valid and suitable for use. And the results of the student response questionnaire test to 24 students in class MIA 3 showed very good results, with an average score of 89.42 which showed very good results so that it can be concluded that the virtual life-based field practicum module  can be used appropriately.

ABSTRAK
Praktikum merupakan kegiatan pembelajaran yang berbentuk pengamatan terhadap percobaan di dalam laboratorium maupun di lapangan. Saat ini banyak dikembangkan praktikum lapangan dengan menggunakan Virtual Life adalah teknologi yang dapat menampilkan suatu lingkungan maya kepada pengguna sehingga pengguna dapat merasakan lingkungan tersebut dan seolah olah berada di dalam lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul praktikum lapangan berbasis virtual life pada materi tumbuhan paku (Pteridophyta) yang valid untuk siswa kelas X SMA dan mengetahui pengembangan modul praktikum lapangan berbasis virtual life pada materi tumbuhan paku yang praktis untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan penelitian (Research and Development). Research and Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi suatu produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran (Sugiyono, 2013). Desain penelitian ini menggunakan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evalutation). Pengembangan media pembelajaran pada hasil penelitian ini terfokus di tiga tahapan sebagai berikut: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul praktikum lapangan berbasis virtual life pada materi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) untuk siswa kelas X SMA dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi di sekolah. Rata-rata hasil validasi modul oleh ahli media sebesar 82,7% dan ahli materi sebesar 85,0 % dengan kesimpulan valid dan layak digunakan. Serta hasil uji coba angket respon siswa kepada 24 orang siswa kelas MIA 3 menunjukan hasil  sangat baik, dengan nilai rata-rata 89,42 yang menunjukan hasil sangat sehingga dapat disimpulkan modul praktikum lapangan berbasis virtual life dapat digunakan  dengan layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diah Irawati, dkk. (2015). Keanekaragaman Jenis Tumbuhan paku (Pteridophyta) di Cagar Alam Gunung Ambang Sulawesi Utara The Pteridophyta Diversity in Gunung Ambang Nature Reserve North Sulawesi. Balai Keutanan Manado. Jurnal Tropis. 2 (1), 110-112.

Djamarah, Syaiful Bahri. (1996). Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fajaryati, N., Nurkhamid., Pranoyo, P,W., Muslikhin., & W,A,D. (2016). E-Module Development for The Subject of Measuring Instrument and Measurement in Electronict Engineering Education. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 23 (2), 192-199.

Limbong, T. & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education. 2 (2), 219-231.

Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication.

Mirawati, Ira. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital. Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau. 9(1), 28-30.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Herawati, N.S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (e-Modul) Interaktif pada Mata Pembelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 5 (2), 180-191.

Hidayati, B., N., Abdul, S., & M. (2012). Pengembangan Booklet Berbasis Keberagaman Bivalvia Pada Ekosistem Lamun. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 757-764.

Huda, A., & Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. Padang:UNP Press.

Rachmawati, Nur, Imami. (2017). Pengumpulan Data dalam penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia. 11 (1), 35-40.

Rustaman, A. (2005). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung.

Sugianto, D., Abdullah, A.G., Elvyyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul Virtual Multimedia Flipbook Dasar teknik Digital. Jurnal Invote. 9 (2), 161-116.

Tjitoseopomo, G. (2005). Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: Mada

Widodo, C.S., & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompotensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Wulandari, A.S. (2021). Pengembangan E-Modul IPA SMP MTS Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Quran Berbantuan Simulasi Virtual pada Materi Tata Surya (skripsi, UIN SUSKA Riau). Diambil dari https://repositoryuin-suska.ac.id/53544/

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

MADANI, S., LESTARI, T. A. ., & HANDAYANI, B. S. . (2024). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM LAPANGAN BERBASIS VIRTUAL LIFE PADA MATERI TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) UNTUK SISWA KELAS X SMA. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 4(2), 94-104. https://doi.org/10.51878/edutech.v4i2.3060

Issue

Section

Articles