PERAN MEDIA VIDEO DALAM MEMAHAMI PEMBELAJARAN PECAHAN SENILAI DI UPT SD NEGERI 4 BELAWAE
DOI:
https://doi.org/10.51878/edutech.v3i4.2678Keywords:
media, video, pembelajaranAbstract
The lack of use of video media in learning that integrates it into the learning process has an impact on students' interest in learning, especially in mathematics subjects in elementary schools. This research discusses how video is a suitable medium to use to achieve learning objectives with a contextual approach. This research is qualitative research. Data was collected using observation, interview and document review techniques. Data analysis techniques consist of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The validity of the data is carried out by triangulating the data, so that the information is between theory and facts in the field. Based on field observations, it shows that the use of video media in class IV students at UPT SDN 4 Belawae is very good with a percentage of 91.12%, the results of interviews with learning design experts show that the media is very good with a percentage of 95.00%, the results of interviews with learning media experts show that video media is very good. good with a percentage of 93.46%, individual test results show that video media is very good with a percentage of 94.23%. Based on the research results, it can be concluded that the video media for mathematics learning equivalent fractions with a contextual approach to the subject of equivalent fractions can be said to be suitable for use in the learning process.
ABSTRAK
Kurangnya penggunaan media video dalam pembelajaran yang mengintegrasikan ke dalam proses pembelajaran, berdampak pada minat belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini membahas tentang bagaimana video sebagai media yang layak digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan kajian dokumen. Teknik análisis data terdiri dari reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data, sehingga informasi antara teori dan fakta yang ada di lapangan. Berdasarkan observasi dilapangan menunjukkan penggunaan media video pada siswa kelas IV UPT SDN 4 Belawae sangat baik dengan persentase 91,12%, hasil wawancara dengan ahli desain pembelajaran menunjukkan media sangat baik persentase 95,00%, hasil wawancara dengan ahli media pembelajaran menunjukkan media video sangat baik dengan persentase 93,46%, hasil uji perorangan menunkukkan media video sangat baik dengan persentase 94,23%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika pecahan senilai dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan pecahan senilai dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88.
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010.
Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/jmpm.v5i2.2084.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.
Aryani, D., & Supardi, U. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melaui Model Pembelajaran Matematika. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran. 3(4), 332 – 338. http://dx.doi.org/10.51878/strategi.v3i4.2570.
Astra, G. N. W., Suarjana, I. M., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media video pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa IV gugus IV kecamatan Sukasada. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1399/1260.
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika KreatifInovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.
Hafizh, M. A. (2017). Pengembangan video pembelajaran berbantu Camtasia Studio pada materi perkembangan teknologi kelas IV SD. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 7(1), 141–154. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6411.
Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352.
Hutauruk, P. & Simbolon, R. (2018). _ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pealajaran IPA KELAS IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba: School Education Journal. 8 (2), 122-123, from https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9770.
Khasanudin, M., Cholid, N., & Putri, L. I. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Animation Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Kelas V Sd/Mi. Elementary Education, 3(5), 261. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/5888.
Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN?: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922.
Murdiani. (2018). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar menjumlahkan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match siswa kelas IV SDN Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 4(2), 35–40. https://rumahjurnal.net/sagacious/article/view/238.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230.
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p073.
Rizwan, R. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Educatio, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227.
Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156–170. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.
Suwardi, Sutama, Hidayati, Y. M., Rahmawati, L.E. (2021). Pembelajaran pecahan melalui video: apakah dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa?. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 163-173. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.41864.
Widayanti, E., & Aisyah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantukan Software Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp117-128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.