PENERAPAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMKN 1 PURWASARI

Authors

  • MIYA NURMELATI SMKN 1 Purwasari

DOI:

https://doi.org/10.51878/edutech.v2i4.1844

Keywords:

wordwall, motivasi belajar, gamifikasi

Abstract

This study aims to increase the learning motivation of class X TBSM 2 at SMKN 1 Purwasari. The method used in this research is descriptive qualitative. The population in this study were students of class X TBSM 2, totaling 36 students. The data collection technique in this study was to use a questionnaire. The results of the study indicate that there is a change in attitude that occurs in students after learning using wordwall media. These changes can be seen from aspects of student motivation as well as observation assessment criteria as measured through several indicators. Measurement of each statement using a Likert scale. Positive item statements have a score of strongly agree = 4; agree 3; disagree = 2; strongly disagree = 1 and negative item statements have a weight score of strongly disagree = 4; disagree = 3; agree = 2; and strongly agree = 1. Data obtained from questionnaires and unstructured interviews. The results showed that the application of wordwalls can reduce students' boredom and boredom during learning and can increase student motivation. Based on the research results, the average percentage score of students' learning motivation is 70.15 percent which is included in the pretty good category. So it can be concluded that the use of wordwalls can help reduce student boredom and boredom. Besides that, the use of wordwall webgames has a positive influence on learning motivation and is an interactive medium that is easy to use, and can increase student motivation in learning chemistry in class.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X TBSM 2 di SMKN 1 Purwasari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM 2 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan sikap yang terjadi pada siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan media wordwall. Perubahan tersebut dapat dilihat dari aspek motivasi siswa serta kriteria penilaian observasi yang diukur melalui beberapa indikator. Pengukuran terhadap masing-masing pernyataan menggunakan skala likert. Pernyataan item positif memiliki bobot skor sangat setuju = 4; setuju 3; tidak setuju = 2; sangat tidak setuju = 1 dan pernyataan item negatif memiliki bobot skor sangat tidak setuju = 4; tidak setuju = 3; setuju = 2; dan sangat setuju = 1. Data diperoleh dari angket dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan wordwall dapat mengurangi rasa bosan dan jenuh siswa saat pembelajaran serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase skor motivasi belajar siswa adalah 70,15 persen yang termasuk dalam kategori cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan wordwall dapat membantu mengurangi kejenuhan dan kebosanan siswa. Selain itu penggunaan webgame wordwall memiliki pengaruh secara positif terhadap motivasi belajar dan merupakan salah satu media interaktif yang mudah untuk digunakan, serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran kimia di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, M., Mursidin T., dan Firdaus. (2008). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Simposium Pendidikan. Hal 1-36. Retrieved from http://directory.umm.ac.id/tik/MuhammadAnas_PemanfaatanInformasidanKomunikasi(TIK).pdf

Arifin, N. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Discovery Learning Berorientasikan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar. 3(2). Hal 125-138

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Edutech Consultant Bandung Jurnal Aksara Public. 4(2). Hal 155-165.

Noermanzah & friantary, h. (2019). Development Of Competency-Based Poetry

Learning Materials For Class X High Schools. International journal of recent technology and engineering. 8(4). 6631. From https://www.ijrte.org/wp-content/uploads/papers/v8i4/D8855118419.pdf

Sardiman AM. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono, S. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal pendidikan ekonomi um metro. 3(1). 73-82. Dari https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/download/144/115

Tim puslitjaknov. (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional

Usman, U., dan setiawati, l. (2002). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-01-18

How to Cite

NURMELATI, M. (2023). PENERAPAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMKN 1 PURWASARI. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(4), 339-345. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i4.1844

Issue

Section

Articles