PENGEMBANGAN APLIKASI SAKPORE DI SMK NEGERI 2 PEKALONGAN

Authors

  • UNTUNG SUPRIYONO SMK Negeri 2 Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.181

Keywords:

Aplikasi, Sakpore, Produk Kreatif, Kewirausahaan

Abstract

Sakpore adalah Sistem Aplikasi Kewirausahaan Prospektif dengan Orientasi Revolusi 4.0, sakpore merupakan startup sekaligus wahana pembelajaran peserta didik berupa perniagaan daring yang bergerak dibidang kuliner, jejamu dan keperluan rumah tangga di SMK Negeri 2 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Sistem Aplikasi Kewirausahaan Prospektif dengan Orientasi Revolusi 4.0 (Sakpore) guna Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Wirausaha Peserta Didik Kelas XI PSPT SMK Negeri 2 Pekalongan pada materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop, dan Disseminate. Kevalidan Aplikasi SAKPORE dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan pengguna yaitu guru dan peserta didik, diperoleh skor rata-rata 54,00 dan masuk dalam kategori sangat layak. Keefektifan media pembelajaran dilakukan dengan membandingkan hasil belajar pretest dan posttest aspek keterampilan pada Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Hasil Belajar mengalami peningkatan  baik pada uji terbatas dan uji luas, yaitu dari rata-rata 73.37 menjadi rata-rata 80.68, sehingga dapat disimpulkan Aplikasi Sakpore berbasis Android sangat layak dan efektif meningkatkan hasil belajar  peserta didik mata pelajaran Prakarya dan   Kewirausahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barba-Sánchez, V. (2018). Entrepreneurial intention among engineering students: The role of entrepreneurship education. European Research on Management and Business Economics.

Jaedun, A. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Produktif Bermuatan Kewirausahaan Bagi Peserta didik SMK. Jurnal Kewirausahaan.

Kompas. (2019). Digitalisasi Masuk di Pemelajaran SMK. Selasa, 8 Oktober 2019.

Perdana. (2013). Pengembangan Buku Digital (BUDIN) Berbasis Adobe Creative Suite pada Materi Genetika di SMK. Universitas Negeri Semarang.

Pradani. (2017). Building Students Entrepreneurship Skills Through the Production and Marketing Practices. Maulana Malik Ibrahim State Islamic University.

Risnawati. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbentuk Modul Pembelajaran Digital untuk Peserta didik SMK Negeri 1 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta.

Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0 Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Disrupsi 4.0 (T. Afkar, Ed.). Yogyakarta: Penerbit Genesis.

Silvius, A. J. G. (2015). Exploring Functionality of Mobile Applications for Project Management. Procedia Computer Science.

Sussi Widiastuti. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Tefapreneur untuk Membangun Minat dan Keberanian peserta didik Berwirausaha. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus.

Wiklund, J. (2019). Entrepreneurship and well-being: Past, present, and future. Journal of Business Venturing.

Downloads

Published

2021-06-18

How to Cite

SUPRIYONO, U. . (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI SAKPORE DI SMK NEGERI 2 PEKALONGAN. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 28-41. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.181

Issue

Section

Articles