UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU IPA DENGAN MEDIA VIRTUAL LABORATORIUM BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.51878/teaching.v2i3.1612Keywords:
Kemampuan Guru, Virtual Laboratorium Berbasis Android, IPAAbstract
This study aims to improve the ability of science teachers by implementing an android-based virtual laboratory. This research is a school action research which is designed to follow the Kemmis and Mc Taggart model each cycle consisting of 3 activities, namely planning, action, observation and reflection followed by planning in the next cycle by utilizing the results of previous reflections. The solution is designed based on a study of learning theory and input from the field. The solution design in question is an action in the form of implementing an android-based virtual laboratory in increasing the creativity of science teachers at the 15 team fostered junior high schools in Deli Serdang. The results obtained from the two cycles are the presence of learning devices in the form of an android-based virtual laboratory module and an apk that can be installed on an Android cellphone. The research finding is that the implementation of an android-based virtual laboratory can improve the ability of teachers, positive responses to the learning, as evidenced by the increasing ability of teachers in each cycle, from 64.76% (enough) to 85.71% (very good). For this reason, teachers are expected to be able to apply an Android-based virtual laboratory in their learning
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru IPA dengan implementasi virtual laboratorium berbasis android. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang dirancang mengikuti Model Kemmis dan Mc Taggart setiap siklus terdiri dari 3 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang diikuti oleh perencanaan pada siklus berikutnya dengan memanfaatkan hasil refleksi sebelumnya. Solusinya dirancang berdasarkan kajian teori pembelajaran dan input dari lapangan. Adapun rancangan solusi yang dimaksud adalah tindakan berupa implementasi virtual laboratorium berbasis android dalam meningkatkan kreativitas guru IPA di SMP Binaan Tim 4 Deli Serdang sebanyak 15 orang. Hasil yang di dapat dari kedua siklus adalah terdapatnya perangkat pembelajaran berupa modul virtual laboratorium berbasis android dan apk yang dapat diinstal di HP android. Temuan penelitian bahwa dengan implementasi virtual laboratorium berbasis android dapat meningkatkan kemampuan guru, tanggapan yang positif terhadap pembelajaran tersebut, dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan guru setiap siklus yaitu dari 64,76 % (cukup) menjadi 85,71 % (sangat baik). untuk itu para guru diharapkan dapat menerapkan virtual laboratorium berbasis android dalam pembelajarannya
Downloads
References
Andi, Mudah Belajar Mikrotik Menggunakan Metode Virtualisasi. (2014). Semarang: Wahana Komputer.
Bloom, Benjamin S. (1977). Taxonomy of educational objective, Hand Book I. Cognitive Domain. New York. Longman Inc.
Deni Darmawan, Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. (2016). Jakarta: Rajawali Pers.
Dewi, W. A. F. (2020). "Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar". Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1): 55–61. ISSN 2656-8071
Fifa Pransiska, ‘The Application Of Guided Inquiry Approach Based On Virtual Laboratory To Increase Students’ Learning Outcome Of Global Warming In SMA Muhammadiyah 2 Surabaya’, (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 06 No 03, 2017), h. 331
Mastura &, Santaria, R. (2020). "Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa". Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3 (2): 289–295. doi:10.30605/jsgp.3.2.2020.293. ISSN 2654-6477.
Rahayu, Haifah Tri. 2019. Pengaruh Aplikasi Android Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 10 Semarang. Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Drs. Sugeng Purwanto, M.Pd.
Saifuddin Chalim, ‘Strategi Lembaga Pendidikan Menghadapi Tantangan Masa Kini’, (Jurnal Pendidikan Islam, Vol I No 2, 2018), h. 182.
Supriyadi, ‘Pengaruh Praktikum Virtual Terhadap Sikap Ilmiah Siswa SMA’, (Jurnal Biosfer,Vol 8 No2, 2017), h. 117.
Siti Muyaroah, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 Pada Mata Pelajaran Biologi’, (IJCET, Vol 6 No 2, 2017)
Syaiful Bahri Djamarah, (2010) Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.