UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN INFORMATIKA KHUSUSNYA MATERI BERPIKIR KOMPUTASIONAL MELALUI OPTIMALISASI METODE BERBASIS MASALAH

Authors

  • LINA DWI SUSANTI SMK Negeri 1 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.51878/teacher.v3i3.2493

Keywords:

Motivasi, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

The aim of this research is to increase student motivation and learning outcomes in Informatics learning, especially Computational Thinking Material through optimizing problem-based methods (Problem Based Learning). This research is classroom action research (Classroom Action Research) with a research design consisting of two cycles and each cycle consists of 4 stages, namely planning, action, observation and reflection. The research subjects were students in class X-MPLB.2 of SMK Negeri 1 Sragen, totaling 36 students. Data collection is carried out by observation and tests at the end of each cycle. The collected data is arranged in the form of tables and graphs and then analyzed. The data analysis used in this research is a qualitative analysis technique. Qualitative analysis describes data from observations of student motivation and learning achievement in the form of formative test scores at the end of each cycle. The research results show that optimizing problem-based learning methods can increase student motivation and learning outcomes in Computational Thinking Materials. This increase is described as follows: 1) The average percentage of student learning motivation increased by 12.23%, in cycle I it was 71.66% and cycle II it was 83.89%. 2) The average score of students' skill competencies increased by 7.23 points, namely in cycle I it reached 76.94 and cycle II it became 84.17. 3) The average class score increased by 6.95 points, namely in the first cycle it reached 73.19 and in the second cycle it became 80.14. 4) Classical learning completeness increased by 8.33% in cycle I to 77.78% and in cycle II to 86.11%.

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Informatika khususnya Materi Berpikir Komputasional melalui optimalisasi metode berbasis masalah (Problem Based Learning). Penelitian ini merupakan penelitian tindaka kelas (Classroom Action Research) dengan desain penelitian yang tediri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-MPLB.2 SMK Negeri 1 Sragen yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan tes setiap akhir siklus. Data yang terkumpul disusun dalam bentuk tabel dan grafik dan selanjutnya dianalisis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Analisis kualitatif mendeskripsikan data hasil observasi motivasi dan prestasi belajar siswa berupa nilai formatif tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan optimalisasi metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Materi Berpikir Komputasional. Peningkatan tersebut diuraikan sebagai berikut: 1) Rata-rata persentase motivasi belajar siswa meningkat sebesar 12,23%, pada siklus I sebesar 71,66% dan siklus II menjadi 83,89%. 2) Nilai rata-rata kompetensi keterampilan siswa meningkat sebesar 7,23 poin, yaitu pada siklus I mencapai 76,94 dan siklus II menjadi 84,17. 3) Nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 6,95 poin yaitu pada siklus I mencapai 73,19 dan siklus II menjadi 80,14. 4) Ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 8,33% pada siklus I sebesar 77,78% dan pada siklus II menjadi 86,11%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja. Rosdakarya. Bungin

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto, 2016. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi,Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali.

Slameto. 2015. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2010. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-10-12

How to Cite

SUSANTI, L. D. (2023). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN INFORMATIKA KHUSUSNYA MATERI BERPIKIR KOMPUTASIONAL MELALUI OPTIMALISASI METODE BERBASIS MASALAH. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 3(3), 109-119. https://doi.org/10.51878/teacher.v3i3.2493

Issue

Section

Articles