RELEVANSI MATERI PEMBELAJARAN DAN PRAKTIK LABORATORIUM DENGAN KEBERHASILAN SISWA SMK DALAM MELAKSANAKAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN

Authors

  • I NYOMAN ALIT PUTRA MERTA SMK Negeri 2 Bangli

DOI:

https://doi.org/10.51878/teacher.v2i2.1323

Keywords:

Relevansi, Materi, Laboratorium

Abstract

The field work practice carried out at the SMK level aims to provide an overview and experience to students related to the industrial world which aims to improve students' skills in their fields by applying the materials and practices that have been learned in school at DU/DI and to actualize one form of activity in organizing The Dual System Education Model (PSG) between Vocational Schools and DU/DI Partner Institutions that combines systematically and systemically. This study aims to determine the relevance of learning materials, laboratory practices with students' success in carrying out field work practices. The method used in this study is a survey method using a closed questionnaire using the google form application. The population in this study were all eleventh graders of SMK Negeri 2 Bangli. Competence of Catering Expertise while the sample used in this study was 36 students from a predetermined population. The results of the study indicate that the relevance of learning materials, laboratory practices to the success of students carrying out field work practices in the eleventh grade of SMK Negeri 2 Bangli. These results are obtained from the distribution of research data obtained from 36 students who have answered the given questionnaire stating it is very relevant as many as 6 people (16.7%), 20 people stating it is relevant or 55.6%, students stating quite relevant as much as 10 people (27.8%), and no students stated that they were less relevant and very less relevant (0%).

ABSTRAK
Praktik kerja lapangan yang dilakukan pada tingkat SMK bertujuan untuk memberikan gambaran dan pengalaman kepada siswa terkait dengan dunia industri yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa di bidangnya dengan mengaplikasikan meteri maupun praktik yang sudah dipelajari disekolah pada DU/DI serta serta mengaktualisasikan salah satu bentuk aktivitas dalam penyelenggaraan Model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMK dan Institusi Pasangan DU/DI yang memadukan secara sistematis dan sistemik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi materi pembelajaran, praktik laboratorium dengan keberhasilan siswa dalam melaksanakan praktik kerja lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan angket tertutup dengan menggunakan aplikasi google form. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas sebelas SMK Negeri 2 Bangli Komptetensi Keahlian Tata Boga sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 siswa dari jumlah populasi yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa relevansi materi pembelajaran, praktik laboratorium dengan keberhasilan siswa melaksanakan praktik kerja lapangan pada kelas sebelas SMK Negeri 2 Bangli Kompetensi keahlian Tata Boga di Kabupaten Bangli tahun ajaran 2021/2022 tergolong relevan. Hasil ini diperoleh dari distribusi data penelitian yang diperoleh dari 36 siswa yang telah menjawab angket yang diberikan yang menyatakan sangat relevan sebanyak 6 orang (16,7%), yang menyatakan relevan sebanyak 20 orang atau 55,6%, siswa yang menyatakan cukup relevan sebanyak 10 orang (27,8%), dan tidak ada siswa yang menyatakan kurang relevan dan sangat kurang relevan (0%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

AR, Murniati dan Nasir Usman. (2009). Implementasi Manajamen Strategi Dalam Pemberdayaan Sekolah Menengah Kejuruan,Cita Pustaka Media Perintis, Bandung.

Billet, S. (2011). Vocational Education. New York: Springer Science and Business Media

Depdikbud. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Mastika, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.

Nurkancana, W dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional

Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi

Peraturan Pemerintah RI No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

Purwanto, P. (2011). Relevansi Praktik Laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran Dengan Jenis Pekerjaan Mahasiswa Pkl. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(2)

Tirtarahardja, Umar dan La Sulo. (1994). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud

Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Agung Offset.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

MERTA, I. N. A. P. (2022). RELEVANSI MATERI PEMBELAJARAN DAN PRAKTIK LABORATORIUM DENGAN KEBERHASILAN SISWA SMK DALAM MELAKSANAKAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN . TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 149-155. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i2.1323

Issue

Section

Articles