EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN SCREENCAST O-MATIC PADA GOOGLE CLASSROOM MATERI BARISAN DAN DERET

Authors

  • DIAN PRIYANA NINGRUM SMA Negeri Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung

DOI:

https://doi.org/10.51878/teacher.v2i2.1315

Keywords:

Screencast O-matic, Google Classroom, barisan dan deret

Abstract

The Google Classroom application is a means for learning and teaching. This application can increase the effectiveness of students and teachers even online. Teachers can create classes, assign assignments, send feedback and view all in one app. That way, learning and teaching communication can run smoothly. In delivering material so that students can see directly the teacher explains, the teacher can use screencast o-matic learning media. This o-matic screencast is in the form of software that can record all e-learning media into a video tutorial where teachers can learn as if they were in class which can be used as learning videos and can be shared through various models. This research is a type of classroom action research (CAR). ). In this research there are two cycles, each cycle consists of 4 stages including: (1) planning stage; (2) implementation stage; (3) observation stage; (4) reflection stage. Data was collected through observation (teachers and students) and learning outcomes tests. Data processing uses data analysis of problem solving abilities, descriptions of teacher activities managing learning and student activities and learning outcomes tests. The results showed that: (1) In the first cycle the learning outcomes of students reached 64.29%, (2) In cycle 2 the learning outcomes were 84.14% who achieved learning completeness. (3) The attendance of students at the first meeting reached 89, 29% % and at the last meeting the attendance of students has reached 92.85%. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the o-matic screencast learning media in Google Classroom improves mathematics learning outcomes in the material of sequences and series in class XI MIPA 3 Years Lesson 2020/2021.

ABSTRAK
Aplikasi Google Classroom menjadi salah satu sarana untuk belajar dan mengajar. Aplikasi ini bisa meningkatkan efektivitas peserta didik serta pengajar walaupun secara daring. Pengajar bisa membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan dan melihat semua dalam satu aplikasi. Dengan begitu komunikasi belajar dan mengajar bisa lancar. Dalam menyampaikan materi agar peserta didik dapat melihat langsung guru menerangkan maka guru dapat menggunakan media pembelajaran screencast o-matic. Screencast o-matic ini berupa software yang dapat merekam semua media pembelajaran elearning menjadi sebuah video tutorial yang mana guru dapat melakukan pembelajaran seolah-olah didalam kelas yang dapat dijadikan video pembelajaran dan bisa dibagikan melalui berbagai model.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini terdapat dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap diantaranya: (1) tahap perencanaan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap pengamatan; (4) tahap refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi (guru dan peserta didik) dan tes hasil belajar. Pengolahan data menggunakan analisis data kemampuan pemecahan masalah, deskripsi aktivitas guru mengelola pembelajaran dan sktivitas peserta didik serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada siklus I hasil belajar peserta didik mencapai 64,29%, (2) Pada siklus 2 hasil belajar 84,14 % yang mencapai ketuntasan belajar.(3) Kehadiran peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 89,29% % dan pada pertemuan terakhir kehadiran peserta didik sudah mencapai 92,85%.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran screencast o-matic pada google classroom meningkatkan hasil belajar matematika pada materi barisan dan deret dikelas XI MIPA 3 Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arizona, K., Zainal., & Rumansyah. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. from https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/download/111/99.

Atikah, R., Rani, TR., Herni, H., & Jajang, M.(2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-1. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan. from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/arti cle/view/988

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. from https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002

Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. from https://doi.org/10.1016/B978-0-08- 097086-8.92001-4

Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Windhiyana, E. (2020). Dampak COVID-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan. from https://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. from https://doi.org/10.1145/986213.986216

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

NINGRUM, D. P. (2022). EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN SCREENCAST O-MATIC PADA GOOGLE CLASSROOM MATERI BARISAN DAN DERET . TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 120-126. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i2.1315

Issue

Section

Articles