PERMAINAN KARTU ION SOLUSI MENULISKAN RUMUS KIMIA SENYAWA ION DI KELAS X MAN 1 KOTA CILEGON

Authors

  • MARYATI MARYATI MAN 1 Kota Cilegon

DOI:

https://doi.org/10.51878/strategi.v3i3.2426

Keywords:

Kartu Ion, Rumus Kimia, Best Practice

Abstract

The purpose of compiling this best practice is to describe the methods and results of using the ion card game as a solution for writing the chemical formulas of compounds in class X. The steps taken by the author in compiling this best practice are: 1) Make ion cards with the required number; 2) Explain to students how to use ion cards; 3) Count the number of cation cards and anion cards; 4) Ask students to write chemical formulas in the form of AxBy; 5) Asking students to communicate the results of their group work; 6) Conduct tests to test competency achievement. By using the ion card game, from the two X MIPA classes, 95% of the students could write chemical formulas. Through the ion card game, writing down chemical formulas which are abstract materials and a prerequisite for other materials, turns out to be easier to understand. The students feel happy with this media, 86.75% actively participate in learning. Based on the success of the ion card game in these two classes, it is recommended that the ion card game be developed in madrasas or other schools in writing chemical formulas, nomenclature and chemical reaction equations. The obstacles in this activity are very minimal, students can even make their own ion cards from makeshift materials

ABSTRAK
Tujuan penyusunan best practice ini adalah mendeskripsikan cara dan hasil menggunakan permainan kartu ion sebagai solusi untuk menuliskan rumus kimia senyawa di kelas X. Langkah-langkah yang dilakukan penulis dalam menyusun best practice ini adalah: 1) Membuat kartu ion dengan jumlah sesuai kebutuhan; 2) Menjelaskan kepada siswa cara menggunakan kartu ion; 3) Menghitung jumlah kartu kation dan jumlah kartu anion; 4) Meminta siswa menuliskan rumus kimia dalam bentuk AxBy; 5) Meminta siswa untuk mengkomunikasikan hasil kerja kelompoknya; 6) Melakukan tes untuk menguji ketercapaian kompetensi. Dengan menggunakan permainan kartu ion, maka dari dua kelas X MIPA sebanyak 95% siswa bisa menuliskan rumus kimia. Melalui permainan kartu ion, menuliskan rumus kimia yang merupakan materi abstrak dan menjadi prasyarat materi lainnya, ternyata menjadi lebih mudah dipahami. Para siswa merasa senang dengan media ini, 86,75% mengikuti pembelajaran dengan aktif. Atas dasar keberhasilan permainan kartu ion di dua kelas ini, maka direkomendasikan permainan kartu ion bisa dikembangkan di madrasah atau sekolah lain dalam menuliskan rumus kimia, tata nama dan persamaan reaksi kimia. Hambatan dalam kegiatan ini sangat minim, bahkan siswa bisa membuat sendiri kartu ion dari bahan seadanya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, S. Z. (2009:42). Peningkatan Kemampuan Menulis Rumus KImia Senyawa Ionik dengan Permainan Kartu Ion. Jurnal Ilmiah Guru Cope, 42.

Brady, J. E. (2000). Kimia Universitas Asas dan Struktur Terjemahan Edisi ke-7. Jakarta: Erlangga.

Firman, H. (2000). Kimia Dasar. Bandung: IKIP Bandung.

Indriana, D. (Ragam Alat bantu Media Pengajaran). 2011. Jakarta: Diva Press.

JMC Johari & Rachmawati. (2004). Kimia SMA Untuk Kelas X. Jakarta: Esis.

Karwati, E. (2014:225). Manajemen Kelas Classroom Management Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Kusnadi, M. (2011). Kamus Kimia Lengkap. Surabaya: Bintang Usaha Jaya.

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nusawati, S. (2014). Pengaruh Penggunaan Media kartu Ion dan Pengetahuan Prasyarat Terhadap Kemampuan Memberika Nama Senyawa Anorganik pada Pelajaran Kimia Kelas X diSMA Negeri 1 Cinangka. Serang: Universitas sultan Ageng Tirtayasa.

Pangajuanto, T. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Persamaan Reaksi Kimia Melalui Permainan Kartu Ion Pada Siswa Kelas XI KI C SMK Negeri 2 Sukoharjo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Mengintegrasikan Nature dan Nurtire untuk Memberdayakan HOTS di Era Disrupsi (pp. 29-53). Surakarta: Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS).

Poppy K. Devi, Siti Kalsum, Masmiani. (2007). Kimia 1 B SMA Kelas X. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramsiyah. (2018:63). Pengembangan Media Kartu Quartchem Pada Materi Ikatan Kimia Di Man 3 Aceh Besar. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

Sanjaya, W. (2008: 204). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sentot B Rahardjo, Ispriyanto. (2018). Buku Guru Kimia Berbasis Eksperimen Untuk Kelas X SMA dan MA. Solo: PT TIga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sharon E Smaldino, Deborah LL Smaldino, James D Russel. (2012). Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk belajar (Instructional Technology and media for Learning) dieterjemahkan Arif Rahman. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Susilowati, E. (2012). Kimia Untuk Kelas X SMA dan MA. Solo: PT Tiga Serangkai.

Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Menggunakan Pendekatan Humanistik Berbantu Alat Peraga Murah. Jurnal Pendidikan IPA Volume 2 No.1 , 76-82.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

MARYATI, M. (2023). PERMAINAN KARTU ION SOLUSI MENULISKAN RUMUS KIMIA SENYAWA ION DI KELAS X MAN 1 KOTA CILEGON. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 3(3), 255-268. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i3.2426

Issue

Section

Articles