PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL KEDIRI PADA MATERI MENCERMATI TOKOH YANG TERDAPAT PADA CERITA FIKSI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • RISKA ANDRIANI Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • ABDUL AZIZ HUNAIFI Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • RIAN DAMARISWARA Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51878/social.v3i4.3070

Keywords:

media pembelajaran, flipbook digital, mencermati tokoh cerita fiksi

Abstract

This research aims to produce Digital Flipbook learning media based on Kediri Local Wisdom on the material of observing fictional story characters for Class IV Elementary School. This research method uses Research and Development using the ADDIE research development model (analyze, design, development, implementation, evaluation). The respondents in this study were 38 grade IV students at Kraton Elementary School and Satak II Elementary School. The data collected is quantitative data and qualitative data which is used to determine validity, practicality and effectiveness. The results of research on the development of interactive learning multimedia are (1) Digital flipbook media based on Kediri local wisdom was declared very valid with results of a 90% percentage of media validation and an 80% percentage of material validation. (2) Digital flipbook media based on Kediri local wisdom was stated to be very practical with results of a percentage of 94% of teacher responses in limited trials and a percentage of 92% for teachers in extensive trials. (3) Digital flipbook media based on Kediri local wisdom was declared effective after a limited trial was carried out with complete post-test results with a percentage of 80% and 88% in a wide trial. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the Digital Flipbook learning media based on Kediri Local Wisdom can be declared very valid, very practical and effectively used to improve the quality of learning in the Material of Observing Fictional Story Characters for Class IV Elementary Schools.

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media pembelajaran Flipbook Digital Berbasis Kearifan Lokal Kediri Pada Materi Mencermati Tokoh Cerita Fiksi Kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan Research And Development dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Responden dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa kelas IV SD Kraton dan SDN Satak II. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang digunakan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil dari penelitian pengembangan multimedia pembelajaran interaktif adalah (1) Media flipbook digital berbasis kearifan lokal Kediri dinyatakan sangat valid dengan hasil persentase 90% dari validasi media dan persentase 80% dari validasi materi. (2) Media flipbook digital berbasis kearifan lokal Kediri dinyatakan sangat praktis dengan hasil persentase 94% dari respon guru pada uji coba terbatas dan persentase 92% pada guru uji coba luas. (3) Media flipbook digital berbasis kearifan lokal Kediri dinyatakan efektif setelah dilakukan uji coba terbatas dengan hasil post-test tuntas dengan persentase 80% dan 88% pada uji coba luas. Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran Flipbook Digital Berbasis Kearifan Lokal Kediri dapat dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada Materi Mencermati Tokoh Cerita Fiksi Kelas IV Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Susanto. (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran disekolah Dsar Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aminudin. (2010). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Sinar Baru Algesindo.

Arsyad, Azhar. (2016) Media Pembelajaran, Jakarta : Rajawali Press.

Asyhar, Rayandra (2020). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Bumi Aksara.

Aziez, Furqorul dan Abdul Hasim. (2010). Menganalisis Sebuah Pengantar. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Dachliyani, L. (2020). Instrumen yang Sahih?: Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (Evaluasi Pembelajaran). Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57–65. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/721

Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Untuk Sekolah Dasar/MI. Jakarta terbitan Depdiknas.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosiodidaktika, 1(2), 123-130.

Hasyim, Adelina (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta : Media Akademi.

Hayati. M. dkk. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota NAJMI jurnal : Al-hikmah. 14 (2) hlmn 160-180.

Hidayatullah, M. S., & Rakhmawati (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05 (01) 83-88.

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934.

Maf’ula. A., Utami, S.H & Fatchur, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Data Antibakteri Tanaman Berkhasiat Obat. Jurnal Pendidikan EISSN : 2502-47 IX Vol 2 (11).

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gaja Mada University Press.

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar : PT Bumi Aksara.

Purnamasari, K., & Lestari, H. P. L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk SMP Kelas VII Materi Segitiga dan Segiempat Melalui Pendekatan Kontekstual dan Model Pembelajaran Probing Prompting. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 18–30. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jpm/article/view/5969 .

Rayanto, Y.H & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Metode ADDIE dan R2D2 Teori Praktek. Pasuruan : Lembaga Academic & Research Instute.

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P.S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 4(2), 337-343.

Rusman (2016). Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung : Nuansa Cendekia.

Saputra, H.J & Musafanal Q. (2017). Pengembangan Media Koran Melalui Flipbook Berupa E-book pada Materi IPA 4. 205-211 https://doi.org/10.31316/esjurnal.v4i2.179

Saefullah, I. (2016) Membuat Digital Buku Mandiri. Indramayu : Kainoe Books.

Rockyane, I. S., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash dalam Pembelajaran Menulis Cerita Siswa Kelas IV SD. JPGSD, 06(05), 767–776.

Rostina Sundayana. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta ISBN 978-602-7825-67-3.

Tika Aprillia, dkk. (2017). Penggunaan Media Sains Flipbook Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. TEKNODIKA Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan. http://junal.fkip.uns.ac.id//teknodika

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah : Konsep, strategi, dan Implementasi. Pustaka. Pelajar.

Downloads

Published

2024-07-23

How to Cite

ANDRIANI, R., HUNAIFI, A. A. ., & DAMARISWARA, R. . (2024). PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL KEDIRI PADA MATERI MENCERMATI TOKOH YANG TERDAPAT PADA CERITA FIKSI KELAS IV SEKOLAH DASAR. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 3(4), 162-174. https://doi.org/10.51878/social.v3i4.3070

Issue

Section

Articles