PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI BANGUN DATAR SEGITIGA DAN SEGIEMPAT UNTUK SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.51878/science.v4i3.3342Keywords:
Media Pembelajaran, Website, Bangun Datar, Segitiga, SegiempatAbstract
This research aims to develop website-based learning media on the subject of triangles and quadrilaterals that are suitable for use in learning in junior high schools. The learning media developed is named TuDi. The type of research conducted is Research and Development (R&D) research using the 4D development model, which consists of 4 stages of activity, namely the definition stage (define), the design stage (design), the development stage (develop), and the dissemination stage (desiminate). The respondents of this research were 32 students of class VIII A of SMPN 238 Jakarta. The results of this research are (1) TuDi learning media is said to be very valid by obtaining a percentage from media experts of 91%, and the results from material and language experts of 94% with an average validity of 93% which is stated as very valid. (2) TuDi learning media is said to be feasible to use by obtaining the results of the teacher and student response questionnaire in the limited test of 96% and the results of the teacher and student response questionnaire in the broad test of 98%, with an average feasibility of 97% which is stated as very feasible. Based on the results of the validation and feasibility trial, it can be concluded that the website-based learning media "TuDi" in the material of triangle and quadrilateral plane shapes is feasible to be distributed and used in learning.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website pad amateri bangun datar segitiga dan segiempat yang layak digunakan dalam pembelajaran di SMP. Media pembelajaran yang dikembangkan diberi nama TuDi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D, yang terdiri atas 4 tahapan kegiatan, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (desiminate). Responden penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 238 Jakarta sebanyak 32 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) media pembelajaran TuDi dikatakan sangat valid dengan memperoleh presentase dari ahli media sebesar 91%, dan hasil dari ahli materi dan bahasa sebesar 94% dengan rata-rata kevalidan 93% yang dinyatakan sangat valid. (2) media pembelajaran TuDi dikatakan layak digunakan dengan memperoleh hasil dari angket respon guru dan siswa pada uji terbatas sebesar 96% dan hasil dari angket respon guru dan siswa pada uji luas sebesar 98%, dengan rata-rata kelayakan 97% yang dinyatakan sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba kelayakan maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website “TuDi” dalam materi bangun datar segitiga dan segiempat layak disebarluaskan dan digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Aliah, S. N., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berbentuk cerita pada materi segitiga dan segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111–118. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9325
Ariani, D. P., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis power live quiz pada materi mail handling di SMKN 10 surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14800–14815.
Arum, A. P. (2020). Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Penataan Rambut. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 132-139.
Athiyah, U. (2018). Pengembangan media pembelajaran biologi semester II kelas X SMA berbasis lectora inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41–46.
Chan, F., Budiono, H., & Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis
Keterampilan Proses Dasar Pada Materi Tumbuhan Dan Bagian-Bagiannya Di
Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(1).
Dewanda Moudizka, K., Suyatno, & Indarti, T. (2024). Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Web Berbasis Model Pembelajaran SAVI Untuk Peningkatan Kemampuan Menulis Dongeng Pada Mahasiswa. Jayapangus PressCetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 11-19.
Harjanto, A., Rustandi, A., & Caroline, J. A. (2022). Implementasi Model Pengembangan 4D Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Online Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK Negeri 7 Samarinda. Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data), 5(2), 1-12.
Hidayah, I. S., & Fitriani, N. (2021). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VII dalam memahami materi segiempat dan segitiga dalam pembelajaran daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 631–642. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.631-642
Mullis, Ina V S, Martin, M. O., Gonzalez, E. J., & Chrostowski, S. J. (2004). TIMSS 2003 International Mathematics Report. In Boston, MA: Boston. https://doi.org/10356/15300
Nugrahaeni, N., & Riyanto, Y. (2023). Pengembangan media video animasi pop up book berbasis budaya lokal papua barat untuk meningkatkan pengetahuan umum literasi budaya siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 306–320. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta
Nurfathurrahmah, Ariyansyah, & Erni Suryani. (2024). Pengembangan E-Panduan Praktikum Teknik Pengelolaan Laboratorium Berbasis PjBL untuk Meningkatkan Pembelajaran Abad 21. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matemaika dan IPA, 4(1), 60-69. https://doi.org/10.0000/jagomipa.2024.4.1.60-69
Prastyo, H. (2020). Kemampuan matematika siswa Indonesia berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Rafida, A., Ahmad, A. A., & Muhdy, A. A. (2022). Penggunaan Model 4D dalam Pembuatan Video Tutorial Menggambar Alam Benda di SMP Negeri 1 Tonra. Jurnal Imajinasi, 6(1), 57-63.
Rosita, Alma, & Hardini, H. (2022). Pengembangan Website Pembelajaran Materi Aset Tetap Berwujud Dengan Memanfaatkan Google Sites. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 10(1), 1–16.
Simanullang, D. S., & Panjaitan, M. (2022). Analisis kesalahan siswa melalui pembelajaran RME terhadap penalaran matematis pada materi segitiga dan segiempat di SMPN 1 tigalingga. Journal of Comprehensive Science, 1(4), 580–591.
Suryaningrat, R. R., Basrowi, B., & Rahmadani, K. (2023). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran IPA berbasis Website di SMPN 6
Cilegon. JURNAL PTI (PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI)
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITA PUTRA
INDONESIA “YPTK” PADANG, 10(2). https://doi.org/10.35134/jpti.v10i2.175
Widiyasari, R., Astriyani, A., & Irawan, K. V. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Bantuan Media Evaluasi ThatQuiz. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 141-154.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.