EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL TINKERCAD BERBASIS PENILAIAN PROYEK TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PADA MATAKULIAH ELEKTRONIKA DIGITAL

Authors

  • PUTU WIDIARINI Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • NI KETUT RAPI Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • KETUT SUMA Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.51878/science.v4i3.3291

Keywords:

kreativitas, lab virtual, penilaian berbasis proyek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan laboratorium virtual Tinkercad terhadap kreativitas mahasiswa pada mata kuliah elektronika digital dasar. Populasi penelitian ini sebanyak 3 kelas mahasiswa di program studi Pendidikan fisika dan Pendidikan IPA yang mengambil mata kuliah elektronika sebanyak 42 orang. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester V prodi Pendidikan Fisika sebanyak 15 orang dan mahasiswa semester IV Pendidikan IPA sebanyak 16 orang. Instrumen penelitian berupa lembar kerja mahasiswa berbasis proyek pada modul elektronika digital yang telah dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kreativitas. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor kreativitas mahasiswa pada kelompok eksperimen sebesar 85,4 (SD 6,04) dalam kategori sangat tinggi, dan kelompok kontrol sebesar 80,9 (SD 3,83) dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan lab virtual Tinkercad berbasis penilaian proyek efektif dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alneyadi, S. (2019). Virtual lab implementation in science literacy: emirati science teachers’ perspectives. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education, 15(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/109285

Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswari, F. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Produktif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(2): 119-123. DOI: 10.33751/JPPGUSEDA.V3I2.2720

Hariyanto, E. & Mustafa, P.S. (2020). Pengajaran Remedial dalam Pendidikan Jasmani. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Hirshfield, L. and Koretsky, M. (2020). Cultivating creative thinking in engineering student teams: can a computer?mediated virtual laboratory help?. Journal of Computer Assisted Learning, 37(2), 587-601. https://doi.org/10.1111/jcal.12509

Kustiaman, E. (2016). Penilaian Proyek dalam Pembelajaran Berbasi Proyek sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1): 14-30. DOI:10.23969/pjme.v6i1.2721

Gunawan G., Sahidu H., Harjono A., and Suranti N. M. Y. (2017). The Effect of Project Based Learning with Virtual Media Assistance on Student's Creativity in Physics. Cakrawala Pendidikan. 36(2): 167-179. DOI:10.21831/cp.v36i2.13514

Gunawan G., Suranti N. M. Y., Nisrina N., Herayanti L., and Rahmatiah R. (2018). The Effect of Virtual Lab and Gender Toward Students’ Creativity of Physics in Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1108 1 012043.

Hermansyah, H., Gunawan, G., dan Herawati, L. (2015). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2): 97-102. DOI:10.29303/jpft.v1i2.242

Kunandar. (2015). Penilaian autentik: Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2015). Penilaian autentik proses dan hasil belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marmoah, S., Istiyati, S., Supianto, & Mahfud, H. (2022). Penilaian berbasis proyek di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 6 (2): 174-181. DOI:10.35334/jpmb.v6i2.2745

Marzuki, M., & Basariah, B. (2017). The influence of problem-based learning and project citizen model in the civic education learning on student’s critical thinking ability and self-discipline. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3), 382-400. DOI: 10.21831/cp.v36i3.14675

Masgumelar, N.K., Dwiyogo, W.D. & Nurrochmah, S. (2019). Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 979–986. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12645

Mirdayanti, R. (2017). Kajian penggunaan laboratorium virtual berbasis simulasi sebagai Upaya mengatasi ketidak-sediaan laboratorium. Visipena, 8(2), 323-330. DOI:10.46244/visipena.v8i2.415

Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustafa, P.S. & Roesdiyanto, R. (2021). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–65. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255

Rapi, N.K., Suastra, I W., Widiarini, P., & Widiana, I W. (2022). The Influence of Flipped Classroom-Based Project Assessment on Concept Understanding and Critical Thinking Skills in Physics Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3): 351-362. DOI: 10.15294/jpii.v11i3.38275

Ritter, S. M., Gu, X., Crijns, M., & Biekens, P. (2020). Fostering students’ creative thinking skills by means of a one-year creativity training program. PLoS One, 15(3), e0229773. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0229773

Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The effect of project-based learning assisted by electronic media on learning motivation and science process skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22-29. DOI: 10.46843/jiecr.v1i1.5

Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101-110. DOI: 10.21831/JIPI.V3I1.10468

Prabowo, C.A., Ibrohim & Saptasari, M. 2017. Pengaruh Modul Pembelajaran Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017, 140-144.

Widiarini, P., Pramadi, I P. W. Y., & Mardana, I B.P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lab Virtual terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7 (1): 212-218. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4649

Widiarini, P., Rapi, N.K., Pramadi, I.P.W.Y., & Udayana, K.W. (2022). Development of project-based electronics practicum module with virtual lab to increase students’ creativity. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3): 1135-1141. DOI:10.29303/jppipa.v8i3.1364

Widiarini, P., Rapi, N. K., Suastra, I W. (2024). PENGUATAN DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA FASE E MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI ERA KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 14(1), 454-460.

Yonwong, P., Thongsuk, T., & Hemtasin, C. (2024). Creativity development of secondary school students using four thinking activities blended inquiry-based learning. International Journal of Instruction, 17(1), 579-598. https://doi.org/10.29333/iji.2024.17130a

Downloads

Published

2024-09-24

How to Cite

WIDIARINI, P., RAPI, N. K. ., & SUMA, K. . (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL TINKERCAD BERBASIS PENILAIAN PROYEK TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PADA MATAKULIAH ELEKTRONIKA DIGITAL . SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(3), 277-286. https://doi.org/10.51878/science.v4i3.3291

Issue

Section

Articles