PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF KELAS V SDN 1 PETELUAN INDAH

Authors

  • HIDAYAH LENSIMIA HARTINI Universitas Mataram
  • SITI ISTININGSIH Universitas Mataram
  • KHAIRUN NISA Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3215

Keywords:

Bahan Ajar, IPA, Multimedia Interaktif

Abstract

This development research aims to produce products in the form of interactive multimedia-based science teaching materials for grade V SDN 1 Peteluan Indah that are feasible and practical to implement. This research is a type of Research and Development (R&D) research using the 4D development model which consists of the defining stage (define), the planning stage (design), the development stage (develop), and the dissemination stage (disseminate). The subjects of this study were 22 fifth grade students of SDN 1 Peteluan Indah. Meanwhile, the object of this research is teaching materials for grade V SDN 1 Peteluan Indah in the form of interactive multimedia. Validation was carried out to determine the feasibility of interactive multimedia-based science teaching materials developed. Validation was obtained using a data collection method in the form of a questionnaire given to material experts, media experts and learning experts. The response of students and educators (teachers) was obtained using a questionnaire data collection method. The results of material expert validation were obtained at 85.56% with a valid category, media experts obtained 88.24% with a valid category and learning experts obtained 92.50% with a very valid category.  While the results of the educator's response were obtained at 93.75% with a very practical category, the results of the small group trial obtained an average percentage of 91.85% with very practical criteria and the large group trial obtained an average percentage of 89.60% with practical criteria. So that interactive multimedia-based science teaching materials are feasible from valid and practical aspects to be used in the learning process in class V SDN 1 Peteluan Indah on theme 6 sub-theme 2 heat transfer around us.

ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar IPA berbasis multimedia interaktif kelas V SDN 1 Peteluan Indah yang layak dan praktis untuk diterapkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 peteluan indah sebanyak 22 orang. Sedangkan untuk objek penelitian ini adalah bahan ajar kelas V SDN 1 Peteluan Indah yang berupa multimedia interaktif. Validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan terhadap bahan ajar IPA berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan. Validasi diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran. Respon peserta didik dan pendidik (guru) diperoleh dengan metode pengumpulan data berupa angket. Hasil validasi ahli materi diperoleh sebesar 85,56% dengan kategori valid, ahli media diperoleh sebesar 88,24% dengan kategori valid dan ahli pembelajaran diperoleh sebesar 92,50% dengan kategori sangat valid.  Sedangkan hasil respon pendidik diperoleh sebesar 93,75% dengan kategori sangat praktis, hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata persentase sebesar 91,85% dengan kriteria sangat praktis dan uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata persentase sebesar 89,60% dengan kriteria praktis. Sehingga bahan ajar IPA berbasis multimedia interaktif sudah layak dari aspek valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 1 Peteluan Indah pada tema 6 sub tema 2 perpindahan kalor di sekitar kita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana, D., Alwis, Y., & Turrohma, M. (2024). Pembelajaran bertujuan untuk mengembangkan potensi individu sebagai. 5(3), 3707–3715.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.

Ermiana, I., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2019). Pengembangan media berdasar komputer (CBI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III di SDN 12 Ampenan. In Prosiding seminar nasional pagelaran pendidikan dasar nasional (ppdn) (pp. 297-303).

Hartati, Y., Ilhamdi, M. L., & Khair, B. N. (2021). Proses penggunaan media pembelajaran Montessori pada materi penjumlahan dan pengurangan untuk siswa kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(1), 67-71.

Iswadi, I., Lian, B., & Furkan, N. (2024). Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka dan Disiplin Kerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Payaraman. Journal on Teacher Education, 5(3), 164-172.

Jariah, A., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Tiga Dimensi Kontekstual Berbahan Dasar Barang Bekas untuk Siswa Kelas IV SD. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 1(1), 7-12.

Monika, D., Ain, S. Q., & Yolanda, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengurangan Kelas I SDN 115 Pekanbaru. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3009-3020.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79-88.

Rahayu, S., & Mertha, I. G. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Micro Teaching Untuk Melatih Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 232–238. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.418

Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205.

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan aplikasi Lectora Inspire sebagai media pembelajaran interaktif. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(1), 101-115.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research adn Development). Alfabeta.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. In Bandung: CV Alfabeta.

Suhendrianto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim Malang.

Syam, A. R. (2017). Posisi Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), 33–46.

Tugiah, T., & Jamilus, J. (2022). Pengembangan pendidik sebagai sumber daya manusia untuk mempersiakan generasi milenial menghadapi era digital. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6), 498-505.

Usman, A., Dewi, N. K., & Indraswati, D. (2023). Bahan Ajar Elektronik Flipbook pada Materi Kegiatan Ekonomi untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1293–1301. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5300

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

HARTINI, H. L. ., ISTININGSIH, S. ., & NISA, K. . (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF KELAS V SDN 1 PETELUAN INDAH. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 627-638. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3215

Issue

Section

Articles