MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI MELALUI PERMAINAN KATA DI KELAS XI IPS E MAN 1 KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.51878/learning.v3i2.2302Keywords:
Teks Eksplanasi, Permainan KataAbstract
Learning Indonesian with the game method will be effective, meaningful, and still fun if the implementation is based on the principles developed. The main problem in this research is to improve students' ability to write explanatory texts through word games in class XI IPS E MAN 1 Bandung City in the 2021/2022 academic year. So this research uses Classroom Action Research (CAR). The final result of this study was in the pre-cycle where learning still used the lecture method, students who were able to complete learning were only 12 students, with the highest score of 80. Then in cycle 1 the researcher applied word games, and the results of cycle 1 were that more students achieve complete learning as many as 16 students, with the highest score of 90. In cycle 2 still with word games, the result is 23 students can achieve learning completeness, with the highest score of 95. So the final conclusion of this study is to improve students' ability to write explanatory texts through word play in class XI IPS E MAN 1 Bandung City for the 2021/2022 academic year is running conducive and on target.
ABSTRAK
Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode permainan akan menjadi efektif, bermakna, dan tetap menyenangkan apabila dalam pelaksanaan berdasarkan pada prinsip-prinsip yang dikembangkan. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi melalui permainan kata di kelas XI IPS E MAN 1 Kota Bandung tahun pelajaran 2021/2022. Maka penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil akhir dari penelitian ini adalah pada pra siklus di mana pembelajaran masih menggunakan metode ceramah siswa yang mampu tuntas belajar hanya sejumlah 12 siswa, dengan nilai tertinggi 80. Kemudian pada siklus 1 peneliti menerapkan permainan kata, dan hasil dari siklus 1 adalah lebih banyak siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu sebanyak 16 siswa, dengan nilai tertinggi 90. Pada siklus 2 masih dengan permainan kata, hasilnya adalah 23 siswa dapat mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai tertinggi 95. Maka kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi melalui permainan kata di kelas XI IPS E MAN 1 Kota Bandung tahun pelajaran 2021/2022 berjalan kondusif dan tepat sasaran.
Downloads
References
Jumadi. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, volume 27(3), hal: 201-210.
Muhsidi, (2015). Penggunaan CD Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Materi Jurnal Khusus pada Perusahaan Dagang bagi Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri Klego Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan, volume 24(1), hal: 25-38.
Priyatni, E.T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahmawati, Rini. (2019). Metode Numbered Heads Together (NHT) dengan Menggunakan media Puzzle untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa SMP MTA Gemolong. Jurnal Pendidikan, volume 28(1), hal: 17-30.
Sanjaaya,W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana dan Rivai. (1992). Media Pengajaran. Bandung: C.V. Sinar Baru Bandung.
Sumardi. (2020). Apakah Melalui Media Audio Visual dan Metode STAD (Student sTeams Achievement Division) dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Bahasa Inggris (Knoledge and Writing Skill) Teks Recount Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, volume 29(1), hal: 21-36.
Suwarto, S. (2009). Pengembangan tes dan analisis hasil tes yang terintegrasi dalam program komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(1), 40-56.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.