UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MAN 5 SLEMAN

Authors

  • NOOR HAYANTI MAN 5 Sleman Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51878/language.v1i2.741

Keywords:

Role Playing, Learning Outcomes, Students Learning Activity

Abstract

This research is conducted to improve the student learning activity and learning outcomes by using role playing method at MAN 5 Sleman. The improvement of the student learning activity and learning outcomes has been done by using role playing method. This research is classroom action research which was conducted in two cycles. Each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subject of this research is the twelve science graders with the total number of students are 29. The data collection techniques used in this study were observation and written test. Observation is used to determine the activeness of students, while test is used to determine learning outcomes. The results showed that by the implementation of the role playing method, the activeness of students from the former condition, cycle 1, and cycle 2 increased. This can be seen from the percentage of activity in the low category that continues to decline from 62,1% - 50,0% - 8,6%, the medium category increased from 34,5% - 43,1% - 53,4% and the high category increased from 3,4% - 6,9% - 38%. An increase also occurred in the score of student learning outcomes. From the former conditioncycle 1 to cycle 2 has increased. Students who completed in the former condition were 20,7% increased to 62,1% in cycle 1 and in cycle 2 increased to 82,8%. The results of this study showed that the implementation of role playing strategy has been successful since there was an increase in students learning activity and learning outcomes.

ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode role playing di MAN 5 Sleman. Peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan metode role playing.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes tertulis. Observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode role playing, keaktifan belajar siswa dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 meningkat. Hal ini terlihat dari persentase aktivitas pada kategori rendah yang terus menurun dari 62,1% - 50,0% - 8,6%, kategori sedang meningkat dari 34,5% - 43,1% - 53,4% dan kategori tinggi meningkat dari 3,4% - 6,9% - 38%. Peningkatan juga terjadi pada skor hasil belajar siswa. Dari kondisi awal, siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan. Siswa yang tuntas pada kondisi awal sebesar 20,7% meningkat menjadi 62,1% pada siklus 1 dan pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 82,8%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing telah berhasil karena adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, M. (2016). Sintaks 45 metode pembelajaran dalam student centered learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 13. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sardiman. (1988). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Thobroni, M., dan Mustofa, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Zaini, H., dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Hariyani, N. (2019). Penerapan Metode Role playinging Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu. 19-21.

Jehaut, Y., Harini, H., Ayuningrum, S. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Sumpah Pemuda melalui Metode Role playinging. Jurnal STKIP Kusumanegara.

Downloads

Published

2021-12-09

How to Cite

HAYANTI, N. . (2021). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MAN 5 SLEMAN. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(2), 181-191. https://doi.org/10.51878/language.v1i2.741

Issue

Section

Articles