PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPYPIE PADA MATERI PERSAMAAN TRIGONOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.51878/knowledge.v1i1.838Keywords:
media pembelajaran, android, appypieAbstract
The Covid-19 phenomenon has increased the awareness of educators to be able to take advantage of learning media that uses communication information technology so that learning continues well. One of learning media that is easy to make is android-based learning media using appypie. By using appypie, teachers easily create their own learning applications/media that contain content according to the learning objectives to be achieved without having to have knowledge of coding or programming. The purpose of this research is to produce android-based learning media using appypie which can be used as an alternative valid and effective learning media for students. This type of study is research and development (R&D) using the ADDIE model. The ADDIE model consists of five stages, 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation and 5) Evaluation. The Research instruments is questionnaire, which are used to obtain data on the level of worthiness (validity). The results of the validation by media experts obtained an average of 80.40% which is included in the " feasible" category to be used as learning media. Meanwhile, material experts obtained an average of 86.40% in the "Very feasible" category, and from the student responses, an average of 95.56% was obtained which was also included in the "Very feasible" category to use. Based on the results of the study, the learning media was declared effective and feasible to be implemented in the learning process.
ABSTRAK
Adanya fenomena Covid-19 semakin meningkatkan kesadaran para pendidik untuk dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi agar pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Salah satu alternatif media pembelajaran yang mudah dibuat ialah media pembelajaran berbasis android dengan mengunakan appypie. Dengan menggunakan appypie, guru dengan sangat mudah membuat aplikasi/media pembelajaran sendiri yang berisi konten-konten sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai tanpa harus memiliki pengetahuan coding atau pemograman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan appypie yang valid dan efektif bagi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, 1) Analisis; 2) Perancangan; 3) Pengembangan; 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang digunakan untuk memperoleh data tingkat kelayakan (validitas). Hasil validasi oleh ahli media diperoleh rata-rata sebesar 80,40% yang termasuk dalam kategori “Layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan oleh ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 86,40% dengan kategori “Sangat Layak”, dan dari respon peserta didik diperoleh rata-rata 95,56% juga termasuk kedalam kategori “Sangat Layak” digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran ini dinyatakan efektif dan layak untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pemblajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Chusni, Muhammad Minan. dkk. (2018). APPY PIE UNTUK EDUKASI Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android. Yogyakarta: Media Akademi.
Sanaky, Dr. Hujair AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Saraswati, E & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. Indonesian Journal of Educational Research. 2(2), 72-76, from doi: https://doi.org/10.30631/ijer.v2i2.37.
Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63-75, from doi: http://dx.doi.org/10.46306/lb.v1i2.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2017). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidkan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Taufan, M., Nurafifah, L. (2021). Mobile Learning Terintegrasi Appy Pie: Desain dan Kelayakannya untuk Membantu Proses Pembelajaran Geometri 3D di Masa Pandemi Covid 19. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2), 124-132, from doi: https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1329.
Widoyoko, Eko Putro. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yanti, N. S., & Huda, Y. (2020). Analisis Tingkat Kelayakan Aplikasi Android “Appypie” sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika. 8(4), 114-120, from doi: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110256.