PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA SISWA KELAS V SD BERBASIS BUDAYA

Authors

  • ENDAH SULISTYORINI Pascasarjana PMIPA, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.711

Keywords:

Instructional Media, Math Comics, Cultural Based

Abstract

This research is aiming for design learning media that can increase students ' interest in learning mathematics and help learners understand math problems in the form of story problems. This Learning media product contains material that covers the standards of competency to understand the material of class V SD. The research method used is ASSURE, consisting of: (1) Analyze learner characteristics; (2) State performance objectives; (3) Select, modify or design media, (4) Utilize Technology, Media, and Material; (5) Require learner response; and (6) Evaluate and revision. The subject in this study was a student of class V elementary School 16 Pondok Labu, the respondent in this study of 20 Students for field trials on comic media mathematics. Data collection instrument in the form of validation sheet for field experts (practitioners), linguists, material experts, media experts, development experts, and student field test results of class V elementary School. The results of this study indicate that: (1) The resulting comic media Based on the Math learning Class V Elementary School; (2) Mathematics comic Media developed very good category for use by students in class V, and (3) learning with the Learning Media Mathematics comic can make it easier for learners to understand the story and can Motivation to learn learners

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat peserta didik dalam belajar matematika dan membantu peserta didik dalam memahami soal matematika dalam bentuk soal cerita. Produk media pembelajaran ini memuat materi yang mencangkup dalam standar kompetensi untuk memahami materi kelas V SD. Metode Penelitian yang digunakan adalah ASSURE, yang terdiri dari : (1) Menganalisis Karakteristik Pembelajaran; (2) Menentukan Standard dan Tujuan; (3) Memilih Strategi, Teknologi, Media dan Bahan ajar, (4) Menggunakan Teknologi, Media dan Bahan Ajar; (5) Mengembangkan Partisipasi Peserta Didik; dan (6) Mengevaluasi dan Merevisi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 16 Pondok Labu, responden dalam penelitian ini sebanyak 20 peserta didik untuk uji coba lapangan terhadap media komik matematika. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi untuk ahli bidang studi (praktisi), ahli bahasa, ahli materi, ahli media, ahli pengembangan, dan hasil uji lapangan peserta didik kelas V SD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Dihasilkan media komik berbasis Budaya pada pembelajaran matematika kelas V SD; (2) Media komik matematika yang dikembangkan berkategori sangat baik untuk digunakan oleh peserta didik SD kelas V, dan (3) pembelajaran dengan media pembelajaran komik matematika dapat mempermudah peserta didik dalam memahami soal cerita serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauziah,A. dan Asih Rosnaningsih. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tanggerang Jurnal JPSD 4(1) http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v4i2.9594

Ma’mur,Jamal. (2012). Pendidikan berbasis keunggulan lokal. Yogyakarta: Diva Press

Maunah, Binti. (2016). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Nadiah,S. dkk. (2019). Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 4(2):135-145. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3870

Nasution, Toni. (2018). Membangun Kemandirian Siswa Melalui Pendidikan Karakter. Ijtimaiyah Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(1): 1–18 http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/download/2925/1731

Nugroho,S. dan Ali Shodikin. (2018). Keefektifan Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik pada Siswa SD. JMPM (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika)”3(1)22-32. http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/1067/0

Purwanto,N. (2012). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Rosda karya.

Siagian, Muhammad Daud. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science 2(1):58-67. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117/94

Smaldino, Sharon E. (2011). Instructional Technology & Media for Learning. In Jakarta: Kencana Predana Media. http://library.fip.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=4830

Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suparman, Atwi. (2012). Desain Instruksional Modern, Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Sutisna. (2010). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Yapia Parung-Bogor. Artikel Ilmiah UIN Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2021-12-06

How to Cite

SULISTYORINI, E. . (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA SISWA KELAS V SD BERBASIS BUDAYA. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar , 1(4), 179-189. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.711

Issue

Section

Articles