PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII-IPS3 MAN 1 JEMBRANA

Authors

  • MUFIDAH MUFIDAH MAN 1 Jembrana

DOI:

https://doi.org/10.51878/educational.v3i3.2443

Keywords:

Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Teams Games Tournament

Abstract

This class action research aims to find out how far the application of the Teams Games Tournament learning model can increase the activity and learning outcomes of the Economics subject for class XII IPS3 MAN 1 Jembrana students in the 2022-2023 academic year. The research was conducted in class XII IPS3 MAN 1 Jembrana, consisting of 2 cycles. The research subjects totaled 28 people. The instruments used were tests and observation sheets. The collected data were analyzed using comparative analysis. The results showed that learning activities in cycle I increased by 57.15% to 88.84% in cycle II. The average learning outcomes in cycle I was 75.79, increasing to 84.32 in cycle II, which was an increase of 8.53. While the level of completeness of learning outcomes in the first cycle was 67.86% and the second cycle increased to 92.86%. Based on these findings it can be concluded that the application of the Teams Games Tournament learning model with snakes and ladders media can increase activity and learning outcomes in Economics subject.

ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan  hasil belajar mata pelajaran Ekonomi peserta didik kelas XII IPS3 MAN 1 Jembrana tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian  dilaksanakan di kelas XII IPS3  MAN 1 Jembrana, terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian berjumlah 28 orang.  Instrumen yang digunakan berupa tes dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar pada siklus I  sebesar 57,15% meningkat menjadi 88,84% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 75,79 meningkat menjadi 84,32 pada siklus II yaitu terdapat peningkatan sebesar 8,53. Sedangkan tingkat ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 67,86% dan siklus II meningkat menjadi 92,86%. Berdasarkan atas temuan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan media ular tangga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Febri, dkk. 2015. Penggunaan Model TGT dengan Media Ular Tangga terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Bioterdidik. Volume 3 No.2.

Hamdani. 2011. Sttrategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ibrahim, et all. 2007. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Lie, Anita. 2005. Metode Pembelajaran Gotong Royong. Surabaya: Citra Media

Loan, Abd. 2002. Model Pembelajaran Kolaboratif- Kooperatif. Jakarta: Departemen Agama RI

Kesuma, Ameliasari T.2013.Menyusun PTK Itu Gampang Bandung: Esensi

Maharani, Dea Sinta. Junaidi Indrawadi. Ulil Amri. “Penggunaan Model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik Kelas V SDN Kapalo Kota Padang”. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 10 Nomor 4 Agustus 2021.

Aprilia Wahyu Mardhani. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi untuk meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi mengelola kartu piutang Kelas XI Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.`

Nurochim.2013. Perencanaan Pembelajaran Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Shoimin, Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suardi, Moh.2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Suharsimi Arikunto, Suharjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Zahara, Rosina, dkk.’Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar IPS di SD IT Prima Mandiri Kecamatan Percut Sei Tuan TA.2021/2022.”JIPDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume 1 No 2, 2023

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

MUFIDAH, M. (2023). PENERAPAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII-IPS3 MAN 1 JEMBRANA . EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran , 3(3), 260-272. https://doi.org/10.51878/educational.v3i3.2443

Issue

Section

Articles