PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KETRAMPILAN MOTORIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA DI MI SUDIRMAN KADIPIRO KECAMATAN JUMAPOLO KABUPATEN KARANGANYAR
DOI:
https://doi.org/10.51878/community.v4i1.3145Keywords:
creativity, motorik skills, media, solar systemAbstract
This community service aims to (1) develop students' creativity and motor skills in learning activities; (2) provide a fun and interesting learning experience for students; and (3) creating learning innovations using media that are easy and cheap to access. The aspect of assessing learning outcomes and achievements is still dominated by cognitive assessment, through both written and oral tests. This assessment cannot represent the students' abilities, talents, interests and potential as a whole. Assessment in the form of projects focuses on the process of activities and motor skills which need to be added to the portion of learning activities. Project and activity-based assessment is an authentic and interesting assessment solution. The service method is in the form of training in making learning media in the form of replicas of planets in the solar system using foam and watercolors which are divided into small groups. This service is a collaboration between Lecturers and Students of the PGMI Study Programs and MI Sudirman Jumapolo. The target of the activity is students in grades 4, 5 and 6, totaling approximately 30 students. The results of this service activity:(1) students become more creative in creating, assembling and arranging learning media; (2) students experience a fun learning experience as if they were playing; (3) Learning media can be made yourself using materials that are easy and affordable for all peoples.
ABSTRAK
Pengabdian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan kreativitas dan ketrampilan motorik siswa dalam kegiatan pembelajaran;(2) memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa; serta (3) menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran dengan menggunakan media yang mudah dan murah untuk dijangkau .Aspek penilaian hasil belajar dan prestasi selama ini masih didominasi oleh penilain secara kognitif, melaui tes baik tertulis maupun lisan. Penilain tersebut belum bisa merepresentasikan kemampuan, bakat, minat serta potensi dari siswa secara menyeluruh. Penilaian dalam bentuk proyek menitik beratkan proses kegiatan dan ketrampilan motorik perlu ditambahkan porsinya dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian berbasis proyek dan aktivitas menjadi salah satu solusi penilaian yang otentik dan menarik. Metode pengabdian berupa pelatihan pembuatan media pembelajaran berupa replika planet dalam tata surya dengan steorofoam dan cat air yang terbagi dalam kelompok-kelompok kecil. Pengabdian ini merupakan kerjasama antara Dosen dan Mahasiswa Program Studi PGMI dan MI Sudirman Jumapolo. Sasaran Kegiatan adalah para siswa-siswi kelas 4, 5 dan 6 yang berjumlah kurang lebih 30 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini: siswa menjadi lebih kreatif membuat, merangkai dan menyusun media pembelajaran; (2) siswa merasakan pengalaman belajar yang menyenangkan seolah-olah mereka sedang bermain; (3) Media pembelajaran bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah dan terjangkau semua kalangan.
Downloads
References
Chotimah, C. (2016). Peran Pendidik Dalam Membangun Peradaban Bangsa Melalui Pendidikan Karakter.J urnal:Dinamika Pendidikan, Vol.6, No. 1. doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.1.1-26.
Dewanti, A.J. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas vii mts muslim pancasila wonotirto blitar dalam pemecahan masalah matematika pada materi segi empat ditinjau dari gaya belajar. S-1 Skripsi, IAIN Tulungagung
Dwi Tania. (2020).Analisis Kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skill) siswa pada pembelajaran online di SMA N Teluk Kuantan Tahun Pelajaran 2020/2021. S-1 Skripsi, Universitas Islam Riau Pekanbaru
Irawati, T. (2018).Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan soal Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal: Gammath. Vol. 3 (2)
Mahmudi, I. Athoillah, M. Z, Wicaksono, E. B, Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal:Multidisiplin Madani, Vol 2, No 9. DOI: https://doi.org/10.55927/mudima.v2i9.1132
Sani, R.A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS. Tanggerang: Tira Smart.
Subadar. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal: Jurnal Pedagogik, Vol. 04 No. 01.
Syaihul,A, Abidah, A & Natsir, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Maket Pada Mata Pelajaran Pelaksanaan Dan Pengawasan Konstruksi Gedung. Jurnal Of Education:Pinisi, Vol 2, No. 6.
Wandi, Z. N & Mayar, F.(2020).Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi, Vol. 4, No 1. Doi : 10.31004/obsesi.v4i1.347.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.